Sukses

6 Manfaat Konsumsi Buah Pisang saat Sahur, Bikin Kenyang Lebih Lama

Kaya akan nutrisi, buah pisang baik dikonsumsi saat sahur

Liputan6.com, Jakarta Saat menjalankan puasa, salah satu cara untuk mendapatkan sumber energi adalah ketika santap sahur. Pasalnya, selama menjalankan puasa kamu harus mencoba untuk menahan rasa lapar, haus, dan juga hawa nafsu lainnya dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. 

Jika biasanya kamu mengonsumsi makanan tiga kali sehari, maka saat puasa frekuensi makan kamu menjadi berkurang menjadi dua kali saja, yaitu saat buka puasa dan sahur. Tak ayal, ketika berpuasa biasanya tubuh terasa lemas dan tak bertenaga.

Karena itu, penting untuk menjaga asupan makanan bernutrisi agar tubuh tetap fit selama berpuasa. Mengonsumsi buah-buahan adalah salah satu caranya. Sebab, buah kaya akan serat dan vitamin.

Salah satu buah yang dianjurkan dikonsumsi saat sahur dan berbuka ialah buah pisang. Buah yang kaya vitamin A, B1, B2, dan C ini dapat menekan asam lambung sehingga cocok dikonsumsi penderita maag. 

Enggak hanya itu saja, buah pisang juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh selama puasa. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas manfaat konsumsi buah pisang saat puasa, Sabtu (18/4/2020)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1.  Rasa Kenyang Lebih Lama

Buah pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu buah pisang saja mengandung 3,1 gram serat. Oleh karena itu, mengonsumsi pisang saat sahur sangat dianjurkan untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain mengenyangkan, buah pisang juga sangat praktis sehingga banyak yang menyukai buah ini.

3 dari 7 halaman

2. Mengurangi Gejala Sakit Maag

Pisang mengandung vitamin A, B1, B2, dan C yang dapat meredakan asam lambung. Daging pisang yang lembut dapat melapisi dinding lambung jadi sangat cocok untuk para penderita maag yang berpuasa.

Oleh karena itu, makan satu buah pisang dapat membantu dalam mengoreksi keasaman dalam perut dan mengurangi gejala sakit maag. Tak hanya itu saja, buah berwarna kuning ini pun mampu membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

4 dari 7 halaman

3. Membantu Mengurangi Sembelit

Buah berwarna kuning ini memang baik untuk sistem penceranaan. Selain mampu mengurangi gejala sakit maag, pisang juga mampu mengurangi sembelit. 

Serat yang tinggi dari pisang mampu melindungi lapisan usus, dan mampu menjaga bakteri sehat di usus. Serat dalam pisang juga mampu membuang racun penyebab sembelit. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi pisang saat puasa. 

5 dari 7 halaman

4. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Manfaat pisang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap anemia. Tingginya jumlah zat besi dan kalium yang dimiliki oleh pisang membantu meningkatkan hemoglobin yang meningkatkan pasokan darah untuk membantu tubuh melawan anemia.

Oleh karena itu, mengonsumsi pisang saat sahur maupun saat berbuka puasa sangat dianjurkan bagi para penderita anemia.

6 dari 7 halaman

5. Baik dikonsumsi Penderita Hipertensi

Makanan yang bisa menurunkan tekanan darah biasanya tinggi kalium. Nah, pisang adalah salah satu makanan kaya akan kalium. Pasalnya, satu pisang mengandung sekitar 420 miligram kalium, atau 11 persen dari konsumsi 4.700 miligram.

Kandungan serat alaminya membantu mengikat lemak dan meminimalkan pembentukan plak dalam darah sehingga tekanan darah tetap terkontrol dengan baik. Maka, bagi penderita hipertensi sebaiknya mengonsumsi buah pisang saat sahur ataupun berbuka puasa. 

 

 

 

7 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selama Puasa

Menurut USDA yang dilansir dari Organic Fact, setiap 100 gram (gr) pisang terkandung sejumlah mineral yang menguntungkan tubuh.

Yaitu, kalium (358 gr), kalsium (5 gr), fosfor (22 gr), vitamin C (8,7 gr), dan zat besi (0,26 gr). Karena nutrisinya yang padat tersebut, pisang turut berperan dalam menjaga kekebalan tubuh selama berpuasa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini