3 Manfaat Jus Kurma, Baik bagi Kesehatan

Oleh Fadjriah Nurdiarsih pada 17 Apr 2020, 13:28 WIB
Diperbarui 17 Apr 2020, 13:41 WIB
Jus kurma
Perbesar
Jus kurma. (dok.Instagram @rikhatiwi/https://www.instagram.com/p/Bh-neunhVI8/Henry

Liputan6.com, Jakarta Kurma adalah buah yang lazim dikonsumsi saat bulan Ramadan. Kurma populer sebagai makanan untuk berbuka karena rasanya yang manis dipercaya bisa memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Cara mengonsumsi kurma bisa langsung dimakan atau diolah bersama menu kuliner atau dibuat jus.

Jus kurma bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan dahaga usai berpuasa. Kurma memiliki banyak vitamin dan zat mineral. Selain itu, kurma bermanfaat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit.

Jika bosan memakan langsung kurma begitu saja, membuatnya sebagai jus adalah pilihan yang tepat. Jus kurma dibuat dengan mencampur kurma yang sudah direndam sebelumnya dengan air atau susu. Rasanya nikmat lho!

Jus kurma sarat dengan kebaikan alam seperti zat besi, folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan seng.  Selian itu, kurma kaya akan vitamin B1, B2, B3 dan C. Mengonsumsi jus kurma tak hanya baik saat puasa, tetapi juga untuk kesehatan secara umum.

2 dari 3 halaman

Manfaat mengkonsumsi jus kurma

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

1. Mengurangi risiko kanker usus

Saat sistem pencernaan dan usus bekerja baik, maka akan mengurangi risiko kanker usus besar. Bahkan sebuah studi membuktikan dengan konsumsi kurma secara teratur mampu meningkatkan kesehatan usus besar karena kurma mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik.

2. Meningkatkan energi

Rasa manis dari kurma didapat dari kandungan gula alami yakni glukosa, fruktosa dan sukrosa yang akan mendongkrak energi dengan cepat, sehingga akan menjaga kadar komponen dalam tubuh tetap tinggi.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Jika kamu mengalami sembelit maka serat adalah cara yang baik untuk memperbaiki sistem pencernaan tersebut. Konsumsi kurma secara tepat yakni 12 gram sehari akan memenuhi kebutuhan serat sebanyak 48 persen, sehingga akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna makanan secara lebih baik.

 

3 dari 3 halaman

Cara membuat jus kurma

Minuman Kurma Segar
Perbesar
Minuman dengan olahan kurma untuk berbuka puasa

Berikut cara membuat jus kurma seperti dikutip dari Fimela.com

Bahan:

7 butir kurma, buang bijinya

250 ml susu UHT plain

1 sdm madu

air secukupnya

 

Cara Membuat:

Siapkan semua bahan.

Blender sampai halus.

Masukkan dalam kulkas.

Sajikan saat berbuka puasa.

Mudah bukan? 

Selamat mencoba ya.

Lanjutkan Membaca ↓