7 Manfaat Puasa bagi Anak, Ajarkan Sejak Dini

Oleh Husnul Abdi pada 17 Apr 2020, 07:40 WIB
Diperbarui 17 Apr 2020, 07:40 WIB
Manfaat Puasa bagi Anak
Perbesar
Manfaat Puasa bagi Anak /copyrightshutterstock/Ronnachai Palas

Liputan6.com, Jakarta Manfaat puasa bagi anak tidak hanya dalam rangka beribadah, juga menyehatkan. Bahkan, tidak hanya baik untuk kesehatan, berpuasa dapat mengajarkan pada anak berbagai kebaikan dalam hidup yang baik untuk perkembangan sikapnya.

Puasa yang dilakukan selama satu bulan bagi anak-anak yang baru menjalankannya tentu cukup berat. Mengajarkan si kecil sejak dini dapat membuatnya cepat terbiasa berpuasa. Dengan begitu, ia bisa mendapatkan berbagai manfaat puasa yang sangat baik untuk perkembangannya.

Manfaat puasa bagi anak baik untuk diajarkan sejak dini. Tentunya kamu harus mengajarkan anak berpuasa secara bertahap sesuai kemampuan fisiknya. Awali saja dengan puasa yang hanya dilakukan sampai waktu Zuhur terlebih dahulu selama beberapa hari.

Kalau anak sudah merasa kuat, boleh mencoba berpuasa hingga waktu beduk Maghrib. Bisa juga dilatih untuk berpuasa hingga Zuhur, makan siang terlebih dahulu, lalu melanjutkan puasanya hingga Maghrib.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/4/2020) ragam manfaat puasa bagi anak.

2 dari 4 halaman

Sebagai Ibadah dan Menjaga Kesehatan Anak

Manfaat Puasa bagi Anak
Perbesar
Manfaat Puasa bagi Anak./Copyright shutterstock.com

Membuat Anak Lebih Dekat dengan Yang Maha Kuasa

Manfaat puasa bagi anak yang pertama tentunya adalah membuatnya lebih dekat dengan Sang Pencipta. Hal ini berkaitan dengan Bulan Ramadan yang penuh dengan berkah dan menawarkan pahala untuk berbagai ibadah atau kebaikan yang kamu lakukan.

Banyak orang menjadi lebih rajin salat ke masjid, membaca Al-Qur’an, bersedekah, hingga melakukan amalan kebaikan lainnya di Bulan Ramadan ini. Kondisi ini tentunya merupakan waktu yang tepat untuk anak belajar kebaikan-kebaikan yang diajarkan oleh Agama Islam.

Selama Bulan Ramadan, ajak dan biasakan anak ke masjid atau musala untuk menunaikan ibadah wajib maupun sunah. Hal ini akan membuat anak merasa lebih dekat dengan Tuhannya dan terbiasa berada di masjid atau musala.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Menurut British Nutrition Foundation, puasa memiliki efek yang sangat beragam pada tubuh. Manfaat puasa ini didaptkan selain karena pola makanan yang terjadwal, berbagai racun di dalam tubuh juga ikut terbuang. Hal ini dikarenakan anak tidak makan dan minum selama 12 jam.

Beberapa peneliti menemukan bahwa puasa dapat menurunkan berat badan. Selain itu, puasa juga bisa menurunkan kolesterol darah, trigliserida, dan mengurangi stres. Namun, orangtua harus tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi anak saat puasa. Pasalnya, anak-anak masih dalam usia pertumbuhan sehingga kebutuhan nutrisinya harus tercukupi.

Sebaiknya konsultasikan pada dokter anak atau ahli gizi tentang kondisi kesehatan anak sebelum mulai mengajarkannya puasa. Hal ini dapat membantu kamu dalam menerapkan strategi terbaik utnuk mengajarkan anak berpuasa.

3 dari 4 halaman

Mengajarkan Sabar dan Disiplin

Manfaat Puasa bagi Anak
Perbesar
Manfaat Puasa bagi Anak./Copyright shutterstock.com

Mengajarkan Sabar

Tidak hanya untuk kesehatan fisik tubuh, manfaat puasa bagi anak juga dapat membentuk karakter dan kepribadiannya. Hal ini terutama dalah hal kesabaran.

Salah satu aturan dan puasa yang harus dipenuhi oleh setiap orang adalah menahan diri untuk tidak makan dan minum, mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Selama menunggu waktu berbuka inilah anak diajarkan untuk senantiasa bersabar.

Lebih Disiplin

Selain mengajarkan kesabaran, anak juga akan menjadi lebih disiplin. Untuk menjalankan puasa dengan lancar, anak tentunya harus belajar menyesuaikan diri dengan waktu makan, tidur, dan beribadah. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan pada anak untuk berdisiplin dalam melakukan segala aktivitas.

Dengan begitu, aturan-aturan yang diterapkan ketika berpuasa ini dapat membuat anak terbiasa untuk mematuhi peraturan dan hidup lebih teratur serta disiplin.

4 dari 4 halaman

Manfaat Puasa bagi Anak Lainnya

anak berpuasa
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Asada Nami

Mengasah Rasa Empati

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bulan Ramadan menjadi momen untuk banyak beribadah, salah satunya bersedekah. Tujuan berpuasa sendiri adalah memahami penderitaan orang yang tak seberuntung kita, sehingga mereka harus menahan lapar.

Mengembangkan empati sejak dini sangatlah penting. Empati akan mengajarkan anak untuk menghargai, mengekspresikan diri, dan bersosialisasi.

Contohnya saat kamu mendapat jadwal untuk menyediakan menu untuk berbuka puasa di masjid, libatkan anak ikut menyiapkannya. Hal ini memberikan pelajaran yang nyata bagi mereka untuk memiliki jiwa sosial tinggi.

Meningkatkan Rasa Syukur

Selain itu, manfaat puasa bagi anak lainnya adalah untuk meningkatkan rasa bersyukur. Hal ini karena setelah seharian berpuasa menahan haus dan lapar, ia akan menemukan berbagai makanan dan minuman di atas meja ketika waktu berbuka.

Melihat hal ini anak akan merasakan perasaan lega, senang, dan bersyukur atas rezeki yang diberikan.

Mengontrol Emosi

Manfaat puasa memang sangat baik untuk perkembangan kepribadiannya, salah satunya dalam mengontrol emosi dan menahan keinginan. Pasalnya, selain mengendalikan rasa lapar dan haus, puasa juga mewajibkan anak untuk mengontrol emosinya.

Terutama, menghindari perbuatan buruk, seperti berbohong, marah-marah, memukul teman, atau kenakalan lain yang biasanya dilakukan anak-anak.

Meskipun sulit pada awalnya, anak yang belajar untuk mengontrol diri untuk tidak berbuat nakal selama bulan puasa tentu akan menjadi terbiasa. Dengan begitu, kepribadian anak akan menjadi lebih baik.

Lanjutkan Membaca ↓