Sukses

Pandemi Corona COVID-19, Malaysia Hanya Izinkan Bazar Ramadan Online

Pemerintah Malaysia telah memutuskan bahwa bazar Ramadan yang diizinkan beroperasi harus berada dalam sistem online.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kabinet Malaysia hanya memberikan izin kepada bazar online selama bulan puasa [Ramadan](4227569 "" ) untuk saat ini, di mana pesanan akan dilakukan secara daring agar makanan dikirimkan ke ambang pintu setiap pemesan, kata Menteri Senior Ismail Sabri Yaakob. 

Sedangkan proposal untuk konsep lainnya yaitu drive-thru, akan dikenakan denda katanya dalam konferensi pers yang disiarkan langsung pada Rabu 15 April. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (16/4/2020). 

"Jika konsep seperti drive-thru diperkenalkan, saya percaya banyak orang akan keluar pada saat yang sama, menghasilkan sejumlah besar (kendaraan di jalan)," katanya. 

Ismail Sabri, yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan, mengatakan ini akan mempersulit penegakan polisi karena orang akan memiliki lebih banyak alasan untuk meninggalkan rumah. 

Keputusan kabinet terbaru ini mengemuka setelah Ismail Sabri mengatakan pada hari Senin bahwa semua bentuk pasar Ramadan tidak akan diizinkan di Malaysia selama perintah kontrol gerakan (MCO), yang sekarang berada dalam fase ketiga untuk mengendalikan penyebaran COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Standarisasi Negara

MCO telah diperpanjang dan akan berakhir pada 28 April, yang bertepatan dengan masa bulan puasa.

Biasanya, bazar Ramadan akan dibuka secara massal di seluruh wilayah negara baik bagi kaum Muslim maupun non-Muslim untuk membeli berbagai makanan lezat untuk berbuka puasa atau makan malam.

Ada kekhawatiran tentang kemungkinan penyebaran Virus Corona jenis baru pada pertemuan-pertemuan ini, ketika petugas layanan kesehatan berlomba melawan waktu untuk merawat pasien dan mengatasi penyakit ini. 

Beberapa negara telah memutuskan untuk membatalkan pasar Ramadan karena pandemi. Sebagai alternatif, Selangor telah memperkenalkan e-bazar sementara wilayah Perak mengatakan drive-thru bazar akan diadakan.  

Perlis, sementara itu, telah memungkinkan pedagang makanan untuk beroperasi dari rumah dan di sepanjang tepi jalan untuk dibawa pulang atau diantar. 

Mengomentari hal ini, Ismail Sabri mengatakan pada hari Rabu bahwa serangkaian prosedur operasi standar (SOP) akan diperkenalkan untuk menghindari perbedaan dalam implementasi nasional. 

"Setelah kami memiliki SOP khusus, kami akan melakukan standarisasi antar negara," katanya. 

3 dari 3 halaman

Tak Ada Layanan Drive Thru

Selama di Johor, Sultan Ibrahim Iskandar mengatakan tidak akan ada bazar Ramadaan drive-thru karena wabah COVID-19. 

Dia mengatakan para garis depan atau petugas kesehatan di negara itu sekarang tanpa lelah berjuang untuk memerangi infeksi.

“Saya khawatir jika bazar Ramadan diperbolehkan, akan ada kemacetan lalu lintas sehingga akan semakin membebani personel penegak yang bertugas.

"Faktanya, akan ada risiko kontak dekat dan jika cluster baru muncul, bagaimana kita akan mengendalikan infeksi?" katanya di halaman Facebook-nya pada hari Rabu. 

Sultan Ibrahim meminta orang-orang di negara bagian selatan untuk tetap sabar dan bertahan dalam masa-masa sulit ini.

“Kesabaran adalah bagian dari iman (Muslim). Harap bersabar dan jangan menentang MCO. Pastikan Anda hanya keluar saat diperlukan."

"Saya juga mengurung diri (di rumah) dan tidak pergi ke mana-mana, jadi saya mengerti ketidaknyamanan karena tidak bisa melakukan rutinitas sehari-hari," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.