6 Manfaat Buah Kurma, Baik Dikonsumsi saat Bulan Puasa

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 16 Apr 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 16 Apr 2020, 17:00 WIB
Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah kurma yang memang sudah terbukti sangat banyak. Maanfaat buah kurma sudah menjadi hal yang umum di masyarakat, bahkan sejak zaman Nabi. Manfaat buah kurma yang sangat banyak menjadikan buah kurma jenis makanan yang wajib ada di tiap-tiap rumah, apalagi saat bulan Ramadan. 

Buah kurma merupakan jenis buah yang berasal dari Timur Tengah. Buah kurma biasanya identik dengan bulan puasa atau Ramadan. Hal tersebut karena manfaat buah kurma yang baik jika dikonsumsi selama bulan puasa. Manfaat buah kurma bisa dirasakan apabila dikonsumsi saat buka puasa maupun saat sahur.

Manfaat buah kurma tidak hanya bisa dirasakan apabila mengonsumsinya saat sedang berpuasa saja. Karena buah kurma memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah kurma bagi kesehatan karena terdapat kandungan vitamin, zat besi, hingga kalsium yang dibutuhkan tubuh saat.

Lalu, apa saja manfaat buah kurma, dan mengapa baik jika mengonsumsinya saat bulan puasa? Di bawah ini Liputan6.com, Kamis (16/4/2020) telah merangkum berbagai manfaat buah kurma yang bisa didapatkan jika Anda konsumsi selama bulan puasa.

2 dari 7 halaman

1. Mengurangi rasa haus

Gejala Dehidrasi yang Terjadi Saat Mudik
Perbesar
Bibir Kering / Sumber: iStockphoto

Biasanya kurma dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Namun manfaat buah kurma bisa didapatkan juga jika Anda mengonsumsinya saat sahur. Kandungan mineral pada kurma yang cukup tinggi dapat membantu Anda agar tidak cepat merasa haus saat seharian berpuasa.

Biasanya saat sahur disarankan untuk mengonsumsi 3 butir buah kurma, seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad.

3 dari 7 halaman

2. Mengurangi rasa lapar

Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Sahur
Perbesar
Cepat Lapar / Sumber: iStockphoto

Manfaat buah kurma selanjutya yaitu untuk mengurangi rasa lapar. Kandungan serat yang dimiliki kurma, dan kandungan gula yang cukup tinggi pada buah kurma, dapat membuat Anda akan lebih cepat merasa kenyang. Dan jika buah kurma dikonsumsi saat berbuka puasa sebagai takjil, maka akan baik bagi Anda dalam mengurangi asupan kalori berlebih disaat berbuka puasa.

Dan ketika dikonsumsi saat sahur, buah kurma yang memiliki kandungan glukosa lambat lepas ini, baik sebagai cadangan energi saat akan menjalankan berpuasa. Tapi tetap jangan berlebihan saat mengonsumsinya ya, cukup 3 saja agar tubuh Anda tidak kelebihan gula.

4 dari 7 halaman

3. Cepat mengembalikan energi

Ilustrasi Kurma
Perbesar
Ilustrasi Kurma (iStockphoto)​

Saat Anda berbuka puasa, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu. Buah kurma merupakan rekomendasi pilihan makanan yang baik untuk pencernaan. Karena buah kurma mengandung banyak nutrisi yang cepat dicerna tubuh, dan hal tersebut akan sangat baik jika dikonsumsi saat buka puasa.

Karena tubuh kita biasanya akan kehabisa energi, dan membutuhkan asupan kalori sebagai bahan bakar energi yang cepat diserap tubuh.

5 dari 7 halaman

4. Menjaga pencernaan

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Manfaat lain buah kurma seperti yang sempat disinggung pada poin sebelumnya, yaitu kandungan dari buah kurma yang ternyata memiliki serat yang sangat tinggi. Kandungan serat yang tinggi akan sangat baik bagi saluran pencernaan, terutama jika Anda sering mengalami sembelit.

Selain itu seperti pada poin kedua, dijelaskan bahwa kurma dapat mengurangi rasa lapar. Tentu saja, karena kurma memiliki serat yang tinggi seperti sayuran, dimana sayuran dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Dan apabila Anda sedang dalam masa diet, maka buah ini dapat membantu Anda dalam menurunkan nafsu makan saat berbuka puasa, karena pasti Anda akan merasa kenyang saat mengonsumsi setidaknya 3 butir buah kurma.

6 dari 7 halaman

5. Mempersiapkan pencernaan saat berbuka

Amarah Tak Tersalurkan, Pencernaan Jadi Korban
Perbesar
Kalau orang merasa stres, marah, dan tertekan, akan merasakan sakit pada perutnya. Apa alasannya?

Dengan berbagai manfaat kurma bagi pencernaan diatas, kurma juga tentu akan baik jika Anda konsumsi sesaat sebelum mengonsumsi makanan berat. Karena kurma dapat membantu lambung Anda agar tidak kaget. Lambung yang kaget ini dikarenakan kondisi perut yang kosong selama berpuasa.

Biasanya jika pada orang yang memang memiliki riwayat penyakit lambung, pada saat berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan yang berat langsung, akan sangat berbahaya, karena dapat menaikkan asam lambung dan membuat perih di lambung. Jadi alangkah baiknya jika sebelum mengonsumsi makanan berat Anda dapat memulai dengan mengonsumsi kurma terlebih dahulu.

7 dari 7 halaman

6. Sumber energi cadangan

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Pada saat puasa, biasanya tubuh kita akan cenderung kekurangan asupan nutrisi. Hal ini karena ada perubahan pola makan yang biasanya Anda mengonsumsi makanan 3-4 kali dalam sehari, dan pada saat puasa Anda hanya dapat makan pada saat sahur dan berbuka. Tentu dengan aktifitas yang banyak menyebabkan tubuh Anda mengambil berbagai macam nutrisi yang ada di dalam tubuh Anda.

Lalu, mengonsumsi buah kurma dapat menjadi solusinya. Karena jika rutin mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa. Kandungan glukosa yang ada pada buah kurma dapat memberi kalori yang cukup sebagai sumber bahan bakar energi tambahan bagi tubuh. Energi ini akan sangat berguna untuk Anda menjalani aktifitas seharian.

 

Nah, dengan berbagai macam manfaat buah kurma diatas semoga dapat membantu Anda dalam menjalankan ibadah puasa, dan juga membantu Anda dari kondisi badan yang kurang bersemangat saat menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓