3 Pesepak Bola Top Ini Dikenal Taat Berpuasa dan Rajin Baca Alquran

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 16 Apr 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 16 Apr 2020, 17:19 WIB
Salah - Mane Bawa Liverpool Taklukkan Sheffield United

Liputan6.com, Jakarta Umat muslim di seluruh dunia pada akhir bulan April ini akan melakoni kewajiban ibadah puasa di bulan Ramadan. Namun, Ramadan kali ini umat Islam akan diuji lagi kesabarannya menyusul pandemi corona Covid-19 yang masih belum bisa diatasi.

Seluruh masyarakat berharap bahwa wabah ini dapat segera selesai sebelum memasuki bulan Ramadan. Pasalnya, dikhawatirkan masalah virus Corona ini bisa membatasi jalannya kegiatan ibadah puasa.

Seperti diketahui, Ramadan adalah bulan di mana setiap muslim yang sudah memenuhi syarat, diwajibkan menjalankan puasa. Begitu juga umat muslim yang tinggal atau bekerja di beberapa negara Eropa.

Kewajiban puasa ini tentu juga harus dilakoni sejumlah bintang sepak bola ternama, yang bermain di klub-klub top Eropa.

Ternyata, saat kompetisi belum ditunda karena wabah Corona, meski harus menjalani latihan berat atau bertanding, mereka tetap taat berpuasa di bulan Ramadan.

Terisitimewanya lagi, para pesepakbola handal ini juga selalu menjalankan ibadah lainnya, seperti salat lima waktu dan membaca Alquran. Berikut tiga pemain yang selalu taat puasa di bulan Ramadan dan rajin beribadah lainnya.

 

2 dari 4 halaman

Mohamed Salah

Mohamed Salah
Real Madrid dan Bayern Munchen sama-sama mengungkapkan ketertarikannya untuk merekrut bintang Liverpool, Mohammed Salah. (AFP/Oli Scarff)

Bintang Liverpool ini dikenal sebagai muslim yang taat. Salah satu ritual yang kerap ditunjukkan bintang muslim asal Mesir ini, adalah selebrasi sujud syukur setiap kali mencetak gol.

Selain suka berdoa sebelum pertandingan dimulai, Mohamed Salah juga mahir membaca Alqur’an. Bahkan, ia pernah kedapatan tengah melantunkan ayat suci ketika tengah berada di dalam pesawat.

Salah memang selalu membawa kitab suci umat Islam ke mana pun ia pergi. Bahkan, ia juga sering terlihat selalu menyempatkan membaca Alquran di sela-sela jadwalnya yang padat.

3 dari 4 halaman

Shkodran Mustafi

Arsenal Melaju ke Final Piala Liga
Pemain Arsenal Shkodran Mustafi menguasai bola saat bertandnag ke markas Chelsea pada laga leg kedua babak semifinal Piala Liga di Stadion Emirates, Kamis (25/1). Tiket final Piala Liga jatuh ke tangan Arsenal usai menang 2-1. (AP/Matt Dunham)

Bek Arsenal ini, termasuk muslim yang taat. Pemain Timnas Jerman ini ternyata sangat dekat dengan Alquran. Dia rajin membaca Alquran di sela-sela kesibukannya sebagai pemain sepak bola.

"Saya belajar Alquran secara intens, tapi saya juga belajar agama lain. Tapi di Alquran-lah saya menemukan Nabi yang sangat dekat dengan saya. Di sana dan di masjid ketika saya pergi salat," kata Mustafi seperti dilansir The Sun.

4 dari 4 halaman

Eric Abidal

Martin Braithwaite, Penyerang Baru Barcelona
Penyerang baru Barcelona, Martin Braithwaite berpose dengan presiden klub Spanyol Josep Maria Bartomeu dan sekretaris teknis Barcelona Eric Abidal selama presentasi dirinya di Barcelona, Spanyol (20/2/2020). (AFP/Josep Lago)

Sikap terpuji juga ditunjukkan mantan pemain Barcelona, Eric Abidal. Sejak menjadi pemeluk Islam, Abidal, yang kini jadi Direktur Olahraga Barca, selalu berusaha menjadi seorang muslim yang taat dan selalu menjalankan ibadah.

Tidak hanya menjalankan ibadah salat lima waktu dan puasa, dia juga sering terlihat membaca Alquran sebelum bertanding.

Saat masih bermain bersama Barcelona, Abidal sering terlihat membawa tas kecil seperti teman-teman lainnya. Tapi ternyata isi tas itu Al Quran dan selalu dibaca sebelum ataupun setelah pertandingan berlangsung.

Saat masih berseragam Barcelona dan bertepatan dengan Ramadan, Abidal tetap menjalankan ibadah puasa sekalipun sempat ditentang oleh pelatih The Blaugrana saat itu, Pep Guardiola.

Lanjutkan Membaca ↓