Sukses

5 Kegiatan yang Dianjurkan untuk Menambah Amalan Saat Ramadan

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang bisa menambah amalanmu di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan menjadi bulan penuh berkah. Untuk itu, umat muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai ibadah tambahan agar bisa mendapat amalan di bulan Ramadan.

Banyak individu pun berlomba-lomba menambah amalan selama bulan Ramadan. Kamu juga bisa memulainya dari sekarang agar bisa terbiasa hingga akhir Ramadan.

Berikut berbagai amalan yang bisa kamu terapkan selama bulan Ramadan, seperti melansir dari Muslim Hands, Rabu (15/4/2020).

1. Memperbarui Niat

Melakukan ibadah puasa merupakan sebuah amalan tersendiri. Teruslah memperbarui niatmu agar dapat menjaga semangat dan motivasi.

Jangan lupa untuk mengingatkan diri sendiri bahwa kamu berpuasa demi mendapatkan rida Allah SWT dan bukan hanya semata-mata membuat diri sendiri kelaparan. InsyaAllah dengan memperbarui niat maka akan membuatmu menjadi lebih tabah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Perbanyak Bersedekah atau Beramal

Manfaatkanlah bulan penuh berkah ini dengan memperbanyak beramal dan bersedekah. Jangan menunda untuk bersedekah apabila bisa kamu lakukan setiap saat. Sisihkanlah sedikit dari pengeluaranmu untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Allah SWT mencintai orang-orang yang beramal dan suka membantu saudaranya. Tak harus diberikan secara terbuka, kamu juga bisa memberikan sedekah secara diam-diam yang mungkin akan mendatangkan banyak kebaikan untukmu juga.

3 dari 5 halaman

3. Mencari Pengampunan

Bulan Ramadan merupakan salah satu sarana terbesar untuk memperkuat kadar keimanan setiap tahunnya. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari pengampunan dari Allah SWT. Selain itu, waktu ini merupakan waktu yang tepat pula untuk bermaaf-maafan dengan keluarga, saudara, dan teman terdekat.

Kegiatan bermaaf-maafan tersebut dapat berfungsi sebagai sebuah sarana untuk menyambung dan mempererat tali silaturahmi.

4 dari 5 halaman

4. Perbanyak Berzikir dan Berdoa

Membaca SubhanAllahi wa bihamdihi (Maha suci Allah dan segala puji hanya untuk-Nya) sebanyak seratus kali dalam sehari akan menghapus segala dosa yang telah diperbuat, bahkan jika dosa tersebut seluas lautan.

Pasti akan berat jika dilakukan sekaligus dalam satu hari. Namun, agar lebih mudah kamu bisa memecahnya menjadi dua puluh bagian.

Dua puluh bagian itu bisa kamu pecah lagi menjadi sepuluh bagian pada sebelum salat dan sepuluh lagi setelah salah. Lalu, ulangi bacaan tersebut selama lima kali setelah kamu menunaikan salat fardu.

5 dari 5 halaman

6. Mengkhatamkan Alquran

Mungkin akan sangat sulit mengkhatamkan Alquran dalam jangka waktu satu bulan saja. Namun, kamu bisa memecahnya agar bisa lebih mudah. Cobalah membaca 4-5 halaman setelah melakukan setiap salat fardu. Pada akhir Ramadan, kamu pun akan berhasil mengkhatamkan Alquran.

Perlu diingat bahwa kamu harus melakukannya secara konsisten setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.