Sukses

Pemerintah Jamin Ketersediaan 11 Bahan Pokok Jelang Ramadan, Apa Saja?

Pemerintah telah memantau pasokan dan ketersediaan 11 komoditas utama bahan kebutuhan pokok

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah memastikan ketersediaan 11 bahan kebutuhan pokok masyarakat. Dengan Demikian diharapkan tidak terjadi lonjakan harga jelang masuknya Ramadan nanti.

Pada awal April lalu, ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah memantau pasokan dan ketersediaan 11 komoditas utama bahan kebutuhan pokok. Hal ini sebagai persiapan masuknya bulan suci Ramadan.

“Presiden memberi arahan bahwa untuk seluruh pangan ini perlu dijaga ketersediaan barangnya. Harus dilihat jumlah, harga, dan kualitasnya. Selain itu, tentu distribusi logistik juga diperhatikan untuk bisa tetap berjalan aman sampai Ramadan dan Lebaran nanti,” kata Airlangga.

Airlangga menjelaskan mengenai beras, baik dari stok yang ada maupun perkiraan hasil panen di bulan April, Mei, dan Juni 2020 akan cukup memenuhi kebutuhan Ramadan hingga Lebaran 2020.

“Demikian pula untuk jagung, bawang merah, cabai besar, cabai rawit, daging ayam, telur ayam, dan minyak goreng. Kita punya stok yang cukup,” terangnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawang Putih

Khusus bahan pokok bawang putih, lanjut Airlangga, juga telah diberikan persetujuan impor dan akan masuk dalam jumlah besar. Demikian pula untuk ketersediaan daging sapi atau kerbau dan gula pasir.

Airlangga menambahkan, pemerintah juga sudah melakukan operasi pasar untuk gula pasir. Penyediaan gula dari ex-Dumai sebanyak 20 ribu ton, ex-Lampung sebanyak 33 ribu ton, dan ex-industri rafinasi sebanyak 250 ribu ton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.