Usai Lebaran, Kota di Inggris Ini Gelar Festival Eid Summer Fair 2019

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 15 Jun 2019, 21:20 WIB
Ilustrasi Ramadan

Liputan6.com, Yorkshire - Eid Summer Fair adalah sebuah agenda tahunan yang dilakukan setelah perayaan Idul Fitri di Yorkshire, Inggris.

Eid Summer Fair akan menyajikan makanan jalanan dan kegiatan keluarga ke Forster Square dengan harapan meningkatkan ekonomi, demikian dikutip dari laman thetelegraphandargus.co.uk, Sabtu (15/6/2019).

Pameran dibuka dari jam 11 pagi sampai jam lima sore. Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi Bisnis Asia Yorkshire (YABA) dalam kemitraan dengan Forster Square, Fever FM dan Klub Cricket Yorkshire County, Inggris.

Kegiatan ini juga diselenggarakansetelah acara Eats from the Streets yang sangat sukses diadakan tahun lalu dengan berbagai hidangan.

Ekonomi bulan Ramadan di Inggris bernilai setidaknya £ 200 juta. Rantai supermarket semakin meningkatkan produk, pajangan dan penawaran khusus pada makanan populer ke daerah-daerah dengan populasi muslim naik signifikan.

Sharon Jandu, direktur YABA, mengatakan: acara ini dipandang sebagai kegiatan berharga dan sebagian besar merupakan peluang yang belum dimanfaatkan dalam perekonomian Inggris.

2 of 2

Terjadi Pertumbuhan Ekonomi

Ilustrasi bulan Ramadan (AP)
Ilustrasi bulan Ramadan (AP)

Apa yang dilakukan muslim di Inggris ternyata memberikan dampak baik bagi perekonomian kota itu.

"Apa yang luar biasa adalah bahwa muslim di Inggris menyumbang £ 31 miliar untuk ekonomi setiap tahun, dan mereka memiliki kekuatan belanja keseluruhan sebesar £ 21 miliar," jelas Sharon Jandu.

Ketaatan beragama muslim selama sebulan dimulai pada pertengahan Mei dan berakhir ditandai dengan liburan Idul Fitri.

Ekonomi Islam global diperkirakan bernilai lebih dari £ 3 triliun pada tahun 2021, menurut laporan Ekonomi Global Islam.

Lanjutkan Membaca ↓