Sukses

Cara Salat Hajat, Niat, Serta Doa yang Harus Diketahui Umat Islam

Salat hajat merupakan salat sunnah yang dikerjakan oleh orang yang mempunyai suatu keinginan atau hajat.

Liputan6.com, Jakarta Cara salat hajat harus diketahui oleh seluruh umat islam. Apalagi salat hajat merupakan salat sunnah yang dikerjakan oleh orang yang mempunyai suatu keinginan atau hajat. Dengan melaksanakan salat hajat, maka keinginan kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Salat hajat tentu bisa menjadi salah satu ibadah yang membuat keinginan terkabul, namun keinginan tersebut haruslah keinginan yang baik dan tidak merugikan orang lain. Apabila sesuatu yang kamu inginkan merupakan sesuatu yang dilarang oleh Islam, maka hal tersebut tidak akan pernah terkabul.

Cara salat hajat sebenarnya hampir sama dengan salat wajib lain dalam pelaksanaannya. Untuk menyempurnakan salat hajat yang dilaksanakan, kamu bisa menghafalkan doa setelah salat hajat sebelum mengungkapkan keinginan atau hajat kamu kepada Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2019) tentang cara salat hajat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dasar Mengerjakan dan Niat Salat Hajat

Dasar Mengerjakan Salat Hajat

Salat hajat dilakukan tentunya memiliki dasar dari ajaran Islam. Dalam mempelajari cara salat hajat, kamu bisa melihat dasar umat islam mengerjakan salat hajat ini, seperti Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan salat dua raka'at dengan sempurna maka Allah Ta'ala memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat." (HR. Ahmad)

Hadits ini mengajarkan bahwa menyempurnakan wudhu dan mengerjakan salat dua rakaat dengan sempurna akan membuat Allah SWT akan mengabulkan permintaan dan keinginan sesorang yang melaksanakannya. Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk melaksanakan salat dua rakaat dan senantiasa meminta kepada Allah SWT agar permintaan terkabulkan, baik dalam waktu yang cepat maupun lambat. Selain itu, dengan mengetahui cara salat hajat yang benar maka kita akan semakin dekat kepada Allah SWT.

Niat Sholat Hajat

Dalam memahami cara salat hajat, tentunya kamu harus mengetahui niat salat hajat. Kamu bisa mengucapkan niat salat hajat ini dengan suara pelan atau di dalam hati saja.

Berikut ini adalah niat salat hajat:

USHOLLII SUNNATAL HAAJATI ROK’ATAINI LILLAHI TA’AALAA

Yang artinya: Aku berniat salat sunah hajat dua raka'at karena Allah Ta’ala

3 dari 4 halaman

Tata Cara Salat Hajat

Dalam mengetahui cara salat hajat, tentunya kamu juga harus memilih waktu untuk melaksanakannya. Waktu terbaik untuk mengerjakan salat hajat adalah saat setengah malam atau sepertiga akhir malam. Dalam pelaksanaanya, tidak ada perbedaan jauh antara cara salat hajat dengan salat lainnya.

Berikut tata cara salat hajat lengkap yang bisa kamu terapkan:

1. Niat Melaksanakan Salat Hajat

2. Membaca doa Iftitah dan Al-fatihah

3. Membaca surat pendek

Membaca surat pendek dalam salah satu cara salat hajat ini dianjurkan untuk membaca surat Al-Ikhlas atau surat Al-Kafirun sebanyak 3 kali pada rakaat pertama. Sedangkan pada rakaat kedua, kamu bisa membaca ayat kursi.

4. Ruku dengan tuma’ninah

5. I’tidal dengan tuma’ninah

6. Sujud dengan bacaan tuma’ninah

7. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah

8. Sujud kedua dengan tuma’ninah

9. Melakukan Raka’at kedua

10. Salam. Bila ingin melanjutkan sholat hajat, kamu bisa kembali berdiri setelah salam.

Setelah selesai melaksanakan semua cara salat hajat di atas yang sebenarnya hampir sama dengan sholat lainnya, kamu dianjurkan untuk membaca doa sholat hajat. Selain itu, setelah salam dan sebelum berdoa, kamu lebih baik melakukan sujud untuk merendahkan diri pada Allah SWT. Dalam sujud, kamu bisa membaca:

“Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim” sebanyak 10 kali. Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca:

 “Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad waalaa ali sayyidina Muhammad” sebanyak 10 kali juga. Terakhir kamu bisa menutup sujud dengan doa keselamatan dunia dan akhirat yang berbunyi:

“Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil’akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban nar”

4 dari 4 halaman

Doa Salat Hajat

Dalam cara salat hajat, tentunya kamu akan mengucapkan doa atau keinginan yang ingin dikabulkan oleh Allah SWT. Namun sebelumnya, kamu bisa membaca beberapa bacaan ini terlebih dahulu:

1. Membaca Al-Fatihah kepada Rasulullah dan keluarganya, para sahabat, para ulama, para guru, orang tua dan semua umat muslim.

2. Setelah itu membaca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, Surat An-Naas dan Ayat Kursi. Surat-surat ini dibaca sebanyak 3 kali masing-masingnya.

3. Membaca doa sholat hajat.

LAA ILAHA ILLALLOHUL HALIIMUL KARIIMU SUBHAANALLOHI ROBBIL ‘ARSYIL ‘AZHIIM. ALHAMDU LILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN. AS `ALUKA MUUJIBAARI ROHMATIKA WA ‘AZAAIMA MAGHFIROTIKA WAL GHONIIMATA MING KULLI BIRRI WASSALAAMATA MING KULLI ITSMIN LAA TADA’ LII DZAMBAN ILLA GHOFARTAHU WALAA HAMMAN ILLAA FAROJTAHU WALAA HAAJATAN HIYA LAKA RIDHON ILLA QODHOITAHAA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya: "Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang."

4. Setelah membaca doa sholat hajat ini, barulah kamu menyampaikan apa yang kamu inginkan dan harapkan kepada Allah SWT. Semoga amal ibadah kita selalu diterima oleh Allah SWT.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.