5 Masjid Indah di Dunia yang Jadi Incaran Turis Saat Libur Idul Fitri

Oleh Tanti Yulianingsih pada 13 Jun 2019, 21:20 WIB
Melihat Lebih Dekat Bangunan Kakbah

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka perayaan Idul Fitri, agen perjalanan online kerap menawarkan para pelancong sejumlah destinasi dunia dengan masjid paling menakjubkan yang pernah dibangun. Mereka memanfaatkan momen tersebut untuk menarik para wisatawan menghabiskan masa liburan di tempat unik.

Berikut 5 di antara destinasi wisata dengan masjid yang paling banyak jadi incaran para pelancong saat libur Idul Fitri, seperti dikutip dari Khaleej Times, Kamis (13/6/2019):

1. Masjidil Haram - Makkah, Arab Saudi

Situs untuk haji dan umrah, Masjidil Haram adalah masjid yang dianggap paling suci dalam Islam.

Masjid ini dapat menampung hingga empat juta orang dan dianggap oleh umat Islam sebagai tempat paling suci di dunia.

Tempat ibadah umat muslim di dunia ini berada di urutan pertama destinasi liburan Idul Fitri 2019 dengan masjid indah di dunia versi Khaleej Times.

Masjidil Haram dipadati jutaan jemaah
Pandangan udara saat Umat Muslim melaksanakan salat menghadap Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Kamis (16/8). Jutaan umat Islam dari berbagai negara semakin memadati Masjidil Haram menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji. (AP Photo/Dar Yasin)
2 of 5

2. Masjid Agung Sheikh Zayed - Abu Dhabi, UEA

Berburu Lailatul Qadar di Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi
Pemandangan saat umat muslim berdoa di halaman Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (1/6/2019). Umat muslim memanjatkan doa-doa jelang berakhirnya Ramadan untuk mendapatkan Lailatul Qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan. (KARIM SAHIB/AFP)

Ini adalah sebuah prestasi arsitektur yang benar-benar menakjubkan.

Masjid Agung Sheikh Zayed adalah salah satu masjid terbesar di dunia, yang mampu menampung kapasitas 40.000 jamaah sekaligus.

Bangunannya megah, dengan dinding marmer putih yang spektakuler, dipadu lampu kristal emas 24 karat dan karpet tenunan tangan terbesar seluas 5.630 m².

Masjid ini menyambut lebih dari lima juta pengunjung setahun.

 

3 of 5

3. Masjid Biru - Istanbul, Turki

Destinasi Wisata Terbaik Turki di Akhir Tahun, Yuk Berangkat!
Blue Mosque.

Salah satu tempat wisata paling populer di Istanbul ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616.

Masjid Biru adalah visi arsitektur Sultan Ahmet I dari Kekaisaran Ottoman ketika ia baru berusia 13 tahun.

Bangunan megah ini memiliki enam menara tinggi. Tidak seperti masjid yang lebih tradisional dengan antara satu hingga empat menara.

4 of 5

4. Masjid Kul Sharif - Kazan, Rusia

Masjid Kul Sharif
Wisatawan mengunjungi masjid Kul Sharif yang terletak di Kazan, Rusia. Masjid Kul Sharif yang didominasi warna putih dan biru laut ini dibangun pada tahun 1996 dan selesai pada 2005 lalu. (Photo by SAEED KHAN / AFP)

Terletak di Kazan, sebuah kota di barat daya Rusia, Masjid Kul Sharif yang menakjubkan dibangun kembali pada tahun 2005 dengan karakter modern yang jelas, setelah dihancurkan pada tahun 1552.

Bangunannya terdiri dari tiga bagian, yakni masjid, batu peringatan dan sayap administrasi. Ini adalah salah satu masjid terbesar di Eropa.

5 of 5

5. Masjid Hassan II - Casablanca, Maroko

Arsitektur masjid dalam fashion
Arsitektur masjid dalam fashion. (Foto: Dok. Masjid Hassan II)

Masjid Hassan II adalah salah satu masjid terbesar di Afrika dan memiliki menara tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 210 meter.

Seluruh dekorasinya unik untuk diamati. Jangan sampai terlewatkan, masjid ini juga satu dari sedikit masjid di Maroko yang mengizinkan non-Muslim masuk.

Lanjutkan Membaca ↓