5 Cara Pakai Jilbab Segiempat Praktis Tapi Tetap Modis

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 14 Jun 2019, 21:00 WIB
Cara Pakai Jilbab Segiempat / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Cara pakai jilbab segiempat ternyata dapat dikreasikan menjadi lebih menarik. Jilbab segiempat telah menjadi andalah para muslimah semua umur. Cara pakai jilbab segiempat yang mudah dan cepat membuat jenis jilbab ini begitu dicintai.

Biasanya untuk gaya sederhana, cara pakai jilbab segiempat, cukup dibentuk segitiga lalu dikenakan dengan sisi sama panjang dan kemudian disampirkan atau dibiarkan menutup dada. Namun, ternyata jilbab segiempat juga bisa membuatmu tampil modis namun tetap praktis.

Kini, jilbab segiempat sudah tersedia dengan berbagai motif, warna, dan tekstur. Jilbab dengan tampilan modis dapat kamu pakai untuk pada berbagai momen seperti pesta, bekerja, kuliah, atau sekadar hangout dengan teman. Kamu pun tak perlu galau lagi karena bosan dengan gaya jilbab yang itu-itu saja.

Untuk cara pakai jilbab segiempat agar terlihat modis, dibutuhkan kreasi kecil. Cara pakai jilbab segiempat modis ini juga masih terbilang praktis, cocok untuk kamu yang memiliki pergerakan dinamis. Ada banyak cara pakai jilbab segiempat untuk dapat tampil modis.

Simak rangkuman Liputan6.com dari berbagai sumber tentang cara pakai jilbab segiempat, Kamis (13/6/2019).

2 of 6

Cara pakai jilbab segiempat praktis dan elegan

Laudya Cynthia Bella
Laudya Cynthia Bella (Adrian Putra/Fimela.com)

Jilbab segiempat juga bisa memberi kesan elegan ketika dikenakan. Dengan model praktis kamu bisa tampil menawan dengan jilbab serbaguna ini. Kamu bisa memiliki jilbab segiempat dengan beragam motif atau jilbab polos dengan ragam pilihan tekstur. Berikut cara mendapatkan tampilan jilbab elegan yang praktis:

1. Siapkan kerudung segiempat, kemudian lipat menjadi segitiga.

2. Kerudungkan di atas kepala yang sudah memakai inner. Pastikan kedua sisinya sama panjang. Kemudian ambil jarum pentul dan sematkan di bawah dagu.

3. Silangkan kedua bagian, lalu ikat di belakang leher. Pastikan ikatan tersembunyi di balik bagian segitiga jilbab. Setelah itu rapikan bagian depan jilbab yang terlihat mengerut atau tak rapi.

3 of 6

Cara pakai jilbab segiempat tetap modis di kantor

Cara pakai jilbab segiempat
Cara pakai jilbab segiempat (sumber: Brilio.net/Ivanovich Aldino)

Salah satu kelebihan dari jilbab segiempat adalah mudah digunakan dalam beraktifitas bahkan untuk aktivitas di kantor. Dengan jilbab segiempat kamu dapat tetap tampil modis di kantor. Berikut cara memakai kerudung segiempat untuk ke kantor:

1. Pakai ciput ninja

2. Pakai kerudung segiempat tanpa membuatnya menjadi segitiga, buat bagian kanan lebih panjang daripada yang kiri. Sematkan peniti lalu rapikan.

3. Ambil bagian ujung kanan lalu bawa ke atas telinga bagian kiri. Sematkan jarum pentul agar tidak berpindah tempat. Rapikan lagi.

4. Kemudian ambil ujung bagian kiri lalu masukkan ke dalam bagian kanan, rapikan dan sematkan dengan peniti.

4 of 6

Cara pakai jilbab segiempat dengan kreasi sederhana

Cara pakai jilbab segiempat
Cara pakai jilbab segiempat (sumber: Istimewa)

Untuk kamu yang sudah terlanjur nyaman dengan jilbab segiempat, ada beberapa model yang umum dipakai para hijaber. Berikut ini salah satu yang bisa kamu coba:

1. Lipat kerudung segiempat menjadi segitiga. Kemudian letakkan di kepala dengan kedua sisi yang sama panjang. Ambil bagian tengah kerudung, bukan tepiannya. Setelah itu sematkan dengan jarum atau peniti.

2. Silangkan kedua ujung kerudung, kemudian sampirkan ke balik pundak. Satukan kedua ujung tersebut, kemudian ikat. Pastikan ikatan tertutup ujung segitiga kerudung yang berada di bagian belakang.

3. Rapikan bagian depannya dengan tangan agar tidak terlihat ketat di bagian leher.

5 of 6

Cara pakai jilbab segiempat untuk hangout

Cara pakai jilbab segiempat
Cara pakai jilbab segiempat (sumber: youtube.com/TheHasanVideo)

Jika kamu bosan dengan model jilbab segiempatmu yang itu-itu saja, kamu bisa coba untuk sedikit berkreasi. Dengan bantuan jarum pentul dan bros, penampilanmu bisa tampak lebih segar dari yang sebelumnya. Berikut caranya:

1. Kenakan ciput ninja.

2. Bentuk kerudung menjadi segitiga. Lalu kenakan pada kepala.

3. Rapikan sehingga dua bagian kanan dan kiri sama panjang.

4. Ambil bagian kiri ke arah belakang melingkari leher dan berakhir ke sebelah kanan. Pastikan bagian atas tetap tertutup kerudung dengan rapi.

5. Bagian kiri yang sudah berada di sebelah kanan, ambil ke arah atas telinga kiri sehingga menutupi leher depan. Sematkan jarum pentul.

6. Lalu pada bagian kanan yang asli bawa melingkari leher depan sampai leher belakang. Sematkan jarum pentul.

7. Rapikan dan tambahkan bros di tempat yang diinginkan.

6 of 6

Cara pakai jilbab segiempat syar'i menutup dada

Cara pakai jilbab segiempat
Cara pakai jilbab segiempat (sumber: Brilio.net/Ivanovich Aldino)

Bagi kamu yang ingin tetap berpenampilan syar'i dengan jilbab segiempat, ada satu cara mudah untuk mengkreasikannya. Cukup pilih jilbab yang lebih lebar dan julurkan satu sisinya ke bagian dada. Agar model jilbabnya tidak berubah bentuk, kamu bisa sematkan peniti atau bros. Berikut caranya:

1. Kenakan ciput ninja.

2. Bentuk jilbab segiempat menjadi segitiga. Kenakan jilbab dengan sisi sama panjang.

3. Tarik sisi kanan jilbab ke bagian telinga kiri, sematkan jarum pentul atau peniti untuk menahannya.

4. Tarik sisi kiri jilbab ke bagian pundak dan sematkan bros atau jarum pentul untuk mempermanis tampilan.

 

Lanjutkan Membaca ↓