Cantiknya Kali Besar Kota Tua yang Mirip Sungai Cheonggyecheon di Seoul

Oleh Liputan6.comDevira Prastiwi pada 12 Jun 2019, 11:00 WIB
Terinspirasi Sungai di Korsel, Begini Indahnya Kali Besar Kota Tua

Liputan6.com, Jakarta - Bingung ke mana menghabiskan libur Lebaran? Datang saja kawasan Kali Besar, Kotatua. Kawasan ini baru saja direvitalisasi, sehingga tampak semakin menawan. Bahkan, panas terik matahari tak menghalangi langkah untuk berkeliling menyusuri kawasan Kali Besar Kota Tua di seberang Toko Merah ini.

Dilansir dari Antara, Rabu (12/6/2019), hampir pangling rasanya melihat wajah baru Kali Besar Kota Tua di Taman Sari, Jakarta Barat.

Kawasan Kali Besar Kota Tua ini kini mirip dengan Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Tak heran, rupanya Kali Besar Kota Tua ternyata didesain menyerupai kawasan aliran sungai Han itu.

Kali Besar Kota Tua disulap menjadi lebih modern dengan dermaga terapung. Ini terlihat mirip dengan Cheonggyecheon yang juga sering menjadi lokasi syuting video klip para artis K-Pop.

Tidak hanya itu, area rekreasi publik itu juga dihiasi dengan berbagai macam bunga yang mempercantik area tersebut, baik sisi kanan maupun kiri sungai.

Meski Kali Besar Kota Tua sekarang nampak kekinian, desainnya terlihat sangat serasi untuk berdampingan dengan bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda yang berjajar di samping sungai.

Salah satunya, Toko Merah yang berada di seberang serta deretan gedung tua di kanan dan kiri Museum Wayang. Kawasan Kali Besar Kota Tua sendiri berada persis di samping Halte Transjakarta Kali Besar Barat.

Area pejalan kaki juga tampak sangat lebar. Tiga anak remaja bahkan dengan santai dapat bermain skateboard di area itu. Fasilitas parkir kendaraan yang didukung dengan aplikasi parkir juga sudah tersedia.

 

2 of 3

Jadi Tempat Foto

Menikmati Keindahan Pedestrian Kali Besar di Kota Tua Jakarta
Suasana kawasan pedestrian Kali Besar, Kota Tua, Jakarta Barat, Rabu (11/7). Proyek revitalisasi Kali Besar itu telah diresmikan dan dibuka untuk umum oleh Wakil Gubernur Sandiaga Uno akhir pekan lalu. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Sepanjang area pejalan kaki terdapat sejumlah patung berbagai macam figur, mulai anak SD, petugas kebersihan, hingga bapak yang membaca buku di bangku. 

Patung-patung ini nampak menjadi sasaran objek foto para pengunjung. Namun, jika tidak tertarik berfoto bersama patung, jembatan kayu yang terbentang luas di tengah sungai dapat menjadi alternatif.

Jika Anda lapar, banyak penjual makanan berdagang di sepanjang Kali Besar. Anda bahkan bisa berkeliling kawasan Kota Tua menggunakan delman yang mangkal di sana.

Kawasan Kali Besar menjadi salah satu objek favorit pengunjung untuk mengambil foto. Ada yang duduk di tengah jembatan, ada pula yang berdiri di sisi jembatan untuk mengambil latar belakang Kali Besar yang kini telah kekinian.

Demi menjaga lingkungan tetap bersih, terdapat pula tempat sampah yang diletakkan di sela tempat duduk. Tidak hanya satu, disediakan tiga tong sampah sekaligus, warna merah untuk sampah B3, warna oranye untuk sampah anorganik, dan warna hijau untuk sampah organik.

Kawasan Kali Besar Kota Tua ini juga dilengkapi dengan fasilitas kantin dan tempat oleh-oleh. Berbagai menu pun ditawarkan, mulai dari mi instan hingga soto mie dan nasi rawon. Tak lupa juga penganan khas Betawi, Kerak Telor.

Wajah baru Kali Besar Kota Tua ini menambah pilihan wisata di DKI Jakarta dan dapat menjadi alternatif wisata Anda bersama teman maupun keluarga.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓