Trafik Internet Tri Melonjak 40 Persen Sepanjang Libur Lebaran

Oleh Iskandar pada 11 Jun 2019, 15:00 WIB
Tol Palimanan

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang libur Lebaran dan pejalanan mudik, pelanggan operator seluler Tri Indonesia banyak menikmati layanan streaming dan live video di beragam aplikasi konten video.

Hal ini memicu terjadinya lonjakan trafik di layanan video streaming hingga 40 persen.

Tri juga menyebut, terjadi lonjakan trafik di jaringan Tri khususnya di layanan data meningkat lebih dari 40 persen dibanding hari biasa.

Adapun kenaikan trafik mulai terjadi sejak H-10 atau bersamaan dengan dimulainya libur panjang Hari Kenaikan Isa Almasih dan berlanjut ke Idul Fitri.

Meski begitu, Tri menyebut, adanya kepadatan dan lonjakan trafik tidak menimbulkan kendala berarti. Pasalnya Tri telah melakukan langkah antisipasi.

Chief Technology Officer 3 Indonesia Desmond Cheung mengatakan, Tri Indonesia telah memperluas kapasitas dan jangkauan 4G dan 4.5GPro untuk membantu dan memudahkan pelanggan selama Idul Fitri dan liburan.

"Aktivitas video streaming yang dilakukan oleh pelanggan Tri mayoritas menggunakan YouTube, Insta Story dan Live Report Instagram serta fitur Live Report Facebook," kata Desmond Cheung dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (11/6/2019).

Aktivitas streaming ini menunjukkan sambutan positif pelanggan Tri atas produk kartu AMIPro (Anak Muda Indonesia) yang memberikan unlimited akses ke YouTube dan VIU.

2 of 3

Pembelian Mobile Game Meningkat 100 Persen

Nokia 5.1 Plus
Main PUBG Mobile di Nokia 5.1 Plus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Tri juga mencatat, selama periode yang sama, telah terjadi peningkatan pembelian mobile games sebesar lebih dari 100 persen.

Tri juga melaporkan, pembelian mobile games ini mendorong kenaikan trafik Mobile Legend hingga 155 persen.

Selanjutnya, pelanggan Tri juga aktif bermedia sosial Facebook dan Instagram serta menyampaikan salam Idul Fitri di aplikasi pesan WhatsApp yang melonjak sekitar 35 persen.

Lonjakan trafik layanan data tertinggi terjadi di daerah wisata dan kota tujuan mudik yaitu Yogyakarta, Purworejo, Brebes, Jombang dan Blora.

Tri telah mempersiapkan jaringan untuk mengiringi pelanggan mudik ke kampung halaman hingga ke pelosok Indonesia untuk merayakan Idul Fitri 1440 H.

Tri memperluas jangkauan jaringan internet handal berteknologi 4G dan 4.5GPro hingga ke lebih dari 10.000 desa dan kelurahan di lebih dari 300 kota dan kabupaten.

3 of 3

65.000 BTS

Ilustrasi BTS. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi BTS. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Selain itu, Tri juga melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data 3 tidak terpusat.

“Sistem ini memudahkan Tri untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet Tri, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. Dengan begitu, pelanggan Tri dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi instant messaging dengan lebih cepat,” imbuh Desmond.

Sekadar informasi, jaringan Tri diperkuat oleh 65.000 unit BTS. Hingga akhir Mei Tri Indonesia telah melakukan perluasan jangkauan di 364 kota dan kabupaten.

Saat mudik, Tri juga menempatkan sejumlah mobile BTS di titik-titik kepadatan trafik seperti rest area dan gerbang tol untuk optimalkan kapasitas layanan di jalan tol Merak–Sidoarjo.

(Isk/Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓