Sukses

Mau Jual Motor Setelah Lebaran, Berikut 4 Tips Ampuhnya

Bagi Anda yang membeli motor khusus untuk menyambut Lebaran 2019. Mungkin Anda ingin menjual motor karena tak akan terpakai lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang membeli motor khusus untuk menyambut Lebaran 2019. Mungkin Anda ingin menjual motor karena tak akan terpakai lagi.

Nah, bagi Anda yang ingin tukar tambah motor atau menjual, ada beberapa tips. Simak empat hal yang bisa membuat harga jual motor tetap tinggi.

Kondisi Standar Pabrikan

Sebelum menjual motor, lakukan hal yang paling dasar, mengembalikan kondisinya sesuai standar pabrikan. Bagi yang gemar modifikasi motor, kembalikan seperti baru datang dari diler. Mengubah motor artinya ada sesuatu yang tidak standar. Dan ini sangat mengurangi harga jual kendaraan di bursa mokas.

Tidak sedikit konsumen yang enggan membeli motor modif, kecuali memang ada kesepakatan sendiri. Lalu kerusakan sekecil apapun, sebaiknya tetap diperbaiki. Itu bakal jadi senjata buat pembeli untuk menawar harga motor Anda. Mereka bakal mengutarakan penawaran dengan alasan harus memperbaiki bagian yang rusak. Jangan sampai ada celah (kekurangan motor) agar harga tetap baik.

Surat Lengkap

Pastikan surat-surat motor lengkap. Ada bukti pembelian, STNK dan BPKB. Jika semua komplet, berarti motor 50% layak jual. Andai masih mecicil dan mau overcredit, harus ada kejelasan tertulis sebagai bukti. Jika motor masih dalam masa asuransi, baiknya buku asuransi wajib disertakan. Tentu ini menambah nilai jual sendiri pada motor.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pajak Motor

Pajak Motor

Lunasi segala penunggakan pajak. Jika Anda telat bayar pajak dan langsung menjual, dipastikan harga jual menyusut. Meski menunggak bertahun-tahun, tetap wajib dibayar. Atau kalau mau sabar dan berhemat, tunggu momen pemutihan. Bayarnya tetap sesuai dengan jumlah tunggakan. Namun Anda terbebas dari denda.

Kesehatan Motor Prima

Bodi dan tingkat kerapihan motor menjadi daya tarik utama calon pembeli. Mereka cenderung mengutamakan ini. Usahakan semua part motor harus terpasang sempurna dan dalam kondisi 100% orisinal, bukan imitasi. Kondisi cat seperti dari pabrik juga value utama. Sebelum menjual, cuci motor dengan bersih. Kalau bisa cuci salon auto detailing.

Kemudian kondisi mesin juga harus prima. Pembeli kerap memerikasa kondisi mesin dari suaranya. Sebelum dijual, lakukan servis berkala. Atau minimal oli mesin diganti. Jadi saat konsumen mencoba, performa motor masih optimal.

Cek Harga

Menjual motor bekas juga harus rasional. Artinya antara kondisi barang dengan nilai jual harus imbang. Cek harga jual motor di pasar bekas. Anda juga bisa mengakses situs jual-beli kendaraan via internet. Jika ingin cepat laku, baiknya tidak melebihi rata-rata pasar dan dijual secara personal. Bukan ke showroom tertentu. Sebab mereka kerap menawar di bawah harga pasar. 

Sumber: Oto.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.