Sukses

Begini Cara Hadapi Arus Balik dengan Mobil Bertransmisi Manual

Tidak kalah pentingnya dengan arus mudik, perjalanan menghadapi arus balik dari kampung halaman menuju rumah juga harus dipersiapkan dengan baik, agar tetap nyaman dan aman sampai tujuan.

Liputan6.com, Jakarta Tidak kalah pentingnya dengan arus mudik, perjalanan menghadapi arus balik dari kampung halaman menuju rumah juga harus dipersiapkan dengan baik, agar tetap nyaman dan aman sampai tujuan.

Nah, bagi yang menempuh perjalanan menggunakan mobil transmisi manual, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara, perlakuan mobil manual dan matik berbeda. Terutama dalam hal pengoperasian, sudah pasti tidak akan sama.

Suparman menjelaskan, jika melintas di jalan menurun sebaiknya pengemudi langsung menggunakan gigi rendah seperti dua atau tiga, agar terjadi engine brake dan mobil tidak meluncur karena ada efek tertahan dari kinerja mesin.

"Apalagi jika jalannya kosong dan menurun, untuk menghindari kecepatan tinggi maka jangan gunakan gigi empat atau lima, mobil akan melaju lebih kencang lagi ketimbang menggunakan gigi dua atau tiga," ujar Suparman, seperti disitat dari laman resmi Auto2000, ditulis Minggu (9/6/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menanjak

Selain itu, kata Suparman, apabila jalan macet ditambah kondisi jalan menanjak jangan terlalu sering melakukan setengah kopling karena akan timbul bau seperti terbakar dan bisa menyebabkan masalah.

"Jika berhenti posisikan perseneling ke netral, jangan masuk gigi lalu menginjak pedal kopling, itu yang akan menimbulkan masalah. Kopling menjadi aus dan akan mengganggu perjalanan Anda," tegas Suparman.

Sebagai informasi, transmisi manual dan matik pada seluruh model Toyota sendiri sudah canggih dan mumpuni di jalan menurun atau menanjak, sehingga yang paling penting adalah pengetahuan atau cara berkendara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.