Sukses

8 Tips Perjalanan Arus Balik Lebih Aman dan Menyenangkan dari Grab

Berikut beberapa tips dari Grab yang bisa dilakukan untuk menemani perjalanan arus balik mudik kamu, agar tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, para pemudik siap berpulang ke rumah masing-masing. Kepulangan para pemudik pun menandakan dimulainya arus balik yang puncaknya bakal memadati sejumlah jalan besar.

Oleh karenanya, diperlukan persiapan khusus bagi kamu yang hendak kembali pulang ke kota asal dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Berikut beberapa tips dari Grab yang bisa dilakukan untuk menemani perjalanan arus balik mudik kamu, agar tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.

1. Badan harus dalam kondisi sehat

Ini prioritas nomor satu. Jika badan jauh di bawah kondisi kesehatan rata-rata, maka pertimbangkan untuk menunda atau bahkan membatalkan perjalanan balik. Dan ingat, bawa KTP dan Kartu Asuransi/BPJS.

2. Kendaraan harus dalam kondisi baik

Pastikan untuk servis atau melakukan pengecekan kendaraan sebelum dipakai jalan jarak jauh. Sempatkan waktu untuk mengecek BBM, tekanan angin ban, air radiator, oli mesin, dan lain-lain.

3. Rencanakan perjalanan dengan Peta Digital

Biar di jalan hemat waktu, cek rutenya di peta digital dulu. Ketahui mana saja yang bisa dilewati dan mana yang patut dihindari. Kalau capek dan mau cari penginapan, ada fitur Hotels di aplikasi Grab untuk mencari hotel terdekat dan terjangkau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Bawa bekal untuk di jalan

Siapkan persediaan, supaya kamu bisa makan atau ngemil di jalan. Jika tidak sempat, pakai GrabFood saja, baik di rumah atau stop dulu di jalan, untuk makanan yang enak dan lengkap.

5. Jangan lupa bayar tagihan!

Sebelum pulang, coba lagi pastikan tagihan PLN atau pulsa telepon sudah lunas. Kalau lupa, bisa bayar di jalan pakai Bills atau beli pulsa di aplikasi Grab. Jangan sampai pulsa habis!

6. Rest Area jangan hanya dilewati saja

Jangan sepelekan istirahat saat mudik, kamu perlu setidaknya stop 2-3 jam sekali untuk mengistirahatkan otot-otot di badan, mengisi perut, dan kegiatan relaksasi lainnya. Kalau mau santai, ada fitur ​video streaming Hooq di aplikasi Grab untuk nonton film-film atau acara TV nasional secara ​live.

 

3 dari 3 halaman

7. Bawa barang muatan seperlunya

Hal ini penting demi kestabilan kendaraan kamu, apalagi yang membawa motor. Usahakan agar barang bawaan tidak berlebihan sampai keluar dari sisi-sisi kendaraan. Kalau perlu, kirim barang-barang dulu lewat kurir.

8. Sediakan saldo E-Money yang cukup

Bagi yang melalui jalan tol, jelas memerlukan kartu E-Money dengan saldo yang cukup. Pengendara motor pun juga butuh saat bertransaksi lebih cepat di ​rest area.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.