Ikut Jokowi ke Yogyakarta, Jan Ethes Antusias Beli Mainan dan Naik Andong

Oleh Fitri.Syarifah pada 09 Jun 2019, 02:00 WIB
Diperbarui 09 Jun 2019, 02:00 WIB
Jokowi dan cucunya, Jan Ethes
Perbesar
Jokowi dan cucunya, Jan Ethes/Instagram@jan_ethess

Liputan6.com, Jakarta Usai menggelar open house di Istana Negara, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama keluarga memilih menghabiskan momen libur Lebaran ke Yogyakarta. Jokowi tiba di Yogyakarta pada Kamis, 6 Juni 2019.

Jokowi tak sendiri. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga ditemani Ibu Negara Iriana, kedua putranya Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, serta tak ketinggalan Jan Ethes, sang cucu yang kerap terlihat bersamanya dalam setiap kesempatan.

Sederet kegiatan sempat dilakukan Jokowi selama berada di kota pelajar ini. Salah satunya membagikan sembako gratis kepada warga dan bersilaturahmi ke keluarga Keraton Ngayogya Hadiningrat, Yogyakarta.

Namun, yang paling menyita perhatian adalah keseruan Jokowi saat menghabisakan waktu bersama cucu pertamanya Jan Ethes, putra dari Gibran dan Selvi Ananda.

Berikut sejumnlah kegiatan Jokowi di Yogyakarta dan keseruan bersama sang cucu selama berada di Yogyakarta:

1. Bagikan Ribuan Sembako Gratis  

Presiden Jokowi bagikan sembako bagi warga di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. (Setpres)Jokowi bersama rombongan tiba di Gedung Agung, Yogyakarta, pada Kamis sore, pukul 16:00 WIB.

Dengan menggandeng Jan Ethes, mantan Wali Kota Solo ini lalu menghampiri kerumunan warga dari balik pagar Gedung Agung. Didampingi puteranya Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Jokowi menyalami sejumlah warga yang memanggil namanya.

Berdasarkan informasi dari Sekretariat Kepresidenan, 3.000 sembako yang dibagikan kepada warga. Isi sembako Jokowi terdiri atas gula pasir, minyak goreng, beras, dan teh.

"Ayo cepat-cepat," kata Jokowi mempersilakan warga segera antre mengambil sembako.

Rajiman (45), warga Imogiri, Bantul mengaku senang mendapatkan sembako. Pengemudi becak yang sehari-hari mangkal di kawasan Malioboro itu akan memanfaatkan paket pemberian presiden untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Terima kasih mudah-mudahan bisa mencukupi keluarga saya," kata dia.

2. Bagi-Bagi Kaus  

Dari Gedung Agung, Jokowi juga membagikan kaus kepada warga di kawasan Malioboro dari balik pintu gerbang Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta, Kamis (6/6/2019) petang.

Awalnya, warga memanggil-manggil nama Jokowi saat mantan Wali Kota Solo itu sedang berada di teras Gedung Agung. Dia lalu menghampiri kerumunan warga yang memanggil namanya itu.

Sambil menyalami warga, Jokowi membagikan kaus bertuliskan 'Jokowi' berwarna hitam.

Andi Mugiono (52), warga asal Surabaya, Jawa Timur mengaku beruntung mendapatkan kaus langsung dari uluran tangan Jokowi.

Sebelumnya, Andi yang sedang berjalan-jalan di kawasan sentra wisata belanja Malioboro tidak tahu menahu bahwa Presiden Jokowi sedang berada di Istana Kepresidenan, Gedung Agung.

3. Ajak Jan Ethes ke Mal Malioboro  

Kegiatan Jokowi selama di Yogyakarta tak hanya berhenti di situ. Menjelang malam harinya petualangannya berlanjut bersama Jan Ethes dan Kaesang, putra bungsunya.

Dalam beberapa kesempatan Jokowi memang kerap mengunjungi mal saat tengah melakukan kunjungan kerja. Kali ini, Mal Malioboro lah yang dia datangi bersama cucu pertamanya.

Di Mal Malioboro, Yogyakarta, Jokowi mengajak Jan Ethes bermain dan membeli tiga buah mainan. Tak ketinggalan sejumlah wahana permainan tak luput dari sorotannya untuk memberi kesempatan Jan Ethes bermain.

Sontak kehadirannya di Mal Maliboro membuat masyarakat begitu antusias ingin bersalaman dan mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama. 

4. Naik Andong  

Setelah sekitar 30 menit menghabiskan waktu di Mal Malioboro, tiga andong menjemput Jokowi dan rombongan.

Warga Yogyakarta serta wisatawan histeris meneriakkan nama Jokowi dan berebut mengabadikan gambar dengan gawai saat mengetahui Presiden menaiki andong.

Kusir Andong, Tri Wahyono (43) tidak menyangka akan membawa Presiden Jokowi, Jan Ethes, dan Kaesang. Dia mengaku diminta Paspampres menyiapkan andongnya secara tiba-tiba saat mangkal di depan Mal Malioboro.

"Tadi spontanitas, tidak menyangka mau membawa RI 1. Yang gerogi kusirnya, kalau andongnya tidak," kata Tri sambil tersenyum saat ditemui awak media.

Ditanya mengenai besaran upah sewa andong yang diberikan Jokowi, Tri mengaku sungkan untuk menjawab.

5. Silaturahmi ke Kediaman Sultan Hamengku Buwono X  

Presiden Joko Widodo saat wawancara khusus dengan SCTV di Long Room Istana, Jakarta, Rabu (20/7). Presiden menjelaskan berbagai macam keuntungan dari Tax Amnesty. (Liputan6.com/Faizal Fanani)Keesokan harinya, Jumat (7/6/2019), Jokowi dan Iriana Joko Widodo bersama cucunya Jan Ethes menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Ngayogya Hadiningrat.

Jokowi tiba di kediaman Sultan, pada pukul 10.40 WIB.

Pertemuan antara Sultan HB X, Presiden Jokowi, dan Iriana Joko Widodo berlangsung di Gedong Jane yang berada di kompleks utama Keraton Ngayogyakarta. Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup.

"Pertemuan berlangsung tertutup sekitar 30 menit," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah DIY Aditya Nanaryo Aji.

Memasuki regol atau pintu gerbang Keben, Jokowi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang disambut empat puteri Sultan HB X yakni GKR Condrokirono, GKR Hayu, GKR Maduretno, dan GKR Mangkubumi. 

(Maria Flora)