Sukses

Terjebak Macet Saat Perjalanan Arus Balik? Ini Cara agar Tidak Stres

Mendengarkan musik bisa jadi salah satu cara ampuh mengurangi stres bila terjebak macet arus balik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Libur Lebaran akan berakhir, banyak karyawan swasta maupun PNS yang sudah kembali masuk Senin. Arus balik Lebaran pun terpantau di beberapa titik. Ramainya kendaraan bisa saja hal ini membuat macet di beberapa titik. 

Bila Anda terjebak macet dalam perjalanan arus balik Lebaran 2019 ini, berikut beberapa cara untuk mengurangi stres:

1. Tarik napas panjang, hembuskan lalu ulangi

Bagi Anda yang menyetir, coba ambil napas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan-lahan ketika macet melanda. Cara ini cukup sederhana tapi terbukti bisa membuat lebih rileks seperti disampaikan penulis buku yang juga lulusan psikologi kesehatan Linda Wasmer Andrews seperti mengutip Psychology Today.

2. Mendengarkan program radio favorit

Daripada memikirkan jalanan yang tak kunjung lancar, lebih baik memilih mendengarkan program radio favorit. Jika tidak tahu frekuensi radio di daerah tersebut, Anda bisa mendengarkan program radio kesukaan lewat internet kan.

3. Terima reaksi marah

Jika Anda mengemudikan mobil sesuai aturan, lalu tiba-tiba dari belakang ada mobil lain menyerobot. Jika muncul perasaan marah, tidak masalah. Terima perasaan itu.Namun, setelah itu coba kembali berlatih napas dengan menarik dalam-dalam lalu mengembuskannya perlahan. Sehingga, Anda rileks lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Tertawakan Saja

Tertawa benar-benar ampuh 'membunuh' rasa bosan. Jadi, coba Anda bersama teman atau keluarga di mobil saling melemparkan candaan. Jika tidak lucu, tertawa saja. Walau tawa itu palsu tetap bisa menurunkan tingkat stres dalam tubuh kata studi.

5. Mendengarkan lagu menenangkan

Profesor psikofisiologi dari Liverpool, Inggris, Stephen Fairclough, mengatakan saat macet tidak hanya membuat stres saja.

"Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh saat stres, seperti detak jantung dan tekanan darah meningkat," kata Stephen.

Menurut studi yang dilakukannya, mendengarkan musik yang menenangkan seperti smooth jazz atau soft rock, bisa membantu menenangkan sang sopir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini