Sukses

6 Makanan Lebaran Paling Populer di Dunia, 2 Di Antaranya Khas Indonesia

Sejumlah makanan ini dianggap wajib ada di setiap rumah muslim yang sedang menjalankan Hari Raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya telah tiba. Setelah menjalani puasa selama kurang lebih satu bulan, umat muslim di seluruh dunia menyambut hari kemenangan Idul Fitri.

Sejumlah tradisi dalam menyambut hari kemenangan tersebut dilakukan berbeda-beda oleh sejumlah negara. Tergantung dari budaya mereka masing-masing.

Salah satu tradisi itu adalah menyiapkan makanan untuk keluarga dan rekan-rekan terdekat.

Sejumlah makanan ini dianggap wajib ada di setiap rumah muslim yang sedang menjalankan Hari Raya Idul Fitri.

Seperti dikutip dari laman runwaypakistan.com, Minggu (9/6/2019), berikut 6 makanan wajib saat lebaran:

1. Sheer Khurma

Makanan penutup klasik yang terbuat dari susu, gula, kurma dan bihun dengan berbagai topping seperti almond, pistachio, dan kismis.

Ini adalah kelezatan Idul Fitri yang populer di negara-negara Asia Selatan seperti Pakistan, India, Bangladesh dan Afghanistan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Daging Rendang

Rendang adalah makanan yang dibuat dari daging, kelapa dan rempah lain seperti cabai. Rendang berasal dari Indonesia dan populer di banyak negara seperti Brunei, sebagian Filipina dan Malaysia.

3. Lokum

Lokum adalah makanan penutup seperti jeli yang terkenal di Turki. Lokum terdiri dari gula pati dan isian lainnya seperti kurma, pistachio dan kenari .

3 dari 3 halaman

4. Kue Lapis Legit

Ini adalah kue multilayer yang populer di Indonesia. Ini dibuat dari tepung, telur dan mentega tetapi ditwist dengan rempah-rempah seperti kapulaga dan cengkeh untuk menambahkan sedikit rasa unik.

Karena membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk menyiapkan kue itu sehingga hanya dimakan pada acara-acara khusus.

5. Bolani

Bolani adalah roti tipis berkulit tipis dengan isian sayur yang sangat populer di Afghanistan. Ini adalah hidangan yang dinikmati sepanjang bulan Ramadhan dan juga pada Idul Fitri. Isian terbuat dari sayuran seperti kentang, lentil atau labu dan disajikan dengan yogurt.

6. Maamoul

Maamoul adalah makanan penutup Arab kuno yang berbentuk seperti kubah, bola atau kue pipih dan berisi isian seperti kurma, kenari, pistachio, almond, dan buah ara.

Cookies ini dibuat di negara-negara seperti Suriah dan Lebanon. Jika di Indonesia kue ini mirip sekali dengan bakpia tetapi kulitnya yang lebih tebal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.