Sukses

Cara Bikin Kartu Ucapan Lebaran Berkesan dengan Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi populer dan layak dicoba untuk membuat kartu ucapan Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Canva merupakan salah satu aplikasi populer dan layak dicoba untuk membuat kartu ucapan Lebaran.

Canva tersedia secara gratis untuk perangkat Android dan iOS. Aplikasi ini memiliki lebih dari 60 ribu template untuk berbagai desain, seperti kartu ucapan, undangan, dan logo.

Template kartu ucapan Lebaran atau Idul Fitri sendiri ada di dalam kategori Card di Canva. Ada banyak pilihan template yang bisa digunakan secara gratis.

Semua desain yang telah dibuat bisa langsung dikirim atau diunggah ke berbagai aplikasi lain, seperti WhatsApp, Instagram, dan Line.

Kamu bisa menambahkan foto milik sendiri sebagai latar belakang kartu ucapan. Namun, jika ingin lebih mudah, maka template desain yang sudah tersedia bisa menjadi pilihan.

Canva memang bisa diunduh secara gratis, tapi aplikasi ini memiliki layanan in-app purchases. Artinya, ada sejumlah template yang harus dibeli terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, ada banyak template gratis yang bagus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendesain Kartu Ucapan Lebaran

1. Setelah login di Canva, kamu akan langsung diarahkan ke laman awal aplikasi. Ada banyak pilihan template tersedia dan bisa dipilih sesuai keinginan.

Canva memiliki cukup banyak kategori template, seperti Invitation, Logo, Label, dan Card. Untuk kartu ucapan Lebaran, maka pilih kategori "Card".

2. Di dalam kategori Card ada banyak pilihan, seperti kartu ucapan ulang tahun, liburan, dan Idul Fitri. Pilih kategori kartu Idul Fitri atau Eid Al-Fitr Card untuk kartu ucapan Lebaran.

Aplikasi Canva (Foto: Ist)

Kamu akan melihat banyak desain kartu ucapan Lebaran. Untuk desain gratis, ada keterangan "Free" di sudut kanan bawah template.

3 dari 3 halaman

Edit

3. Setelah memilih salah satu desain menarik, kamu bisa mengedit sesuai keinginan. Proses pengeditan ini termasuk mengubah tipe dan warna tulisan pada kartu ucapan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan foto sendiri ke desain template tersebut.

Aplikasi Canva (Foto: Ist)

Aplikasi Canva (Foto: Ist)

4. Jika sudah mendapatkan desain yang diinginkan, kamu bisa langsung menyimpannya ke ponsel. Opsi lain, kamu juga bisa membagikannya ke berbagai layanan online seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Line.

Aplikasi Canva (Foto: Ist)

Selamat mencoba!

(Din/Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini