Sukses

Lebaran Sudah Hari ke-2, Perbanyak Minum Air Putih Jangan Sampai Lupa

Gunanya minum air putih selama Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Aneka minuman manis seperti es sirup, soda, dan teh dengan gula menghiasi banyak meja saat Lebaran. Namun, jika tidak ingin menambah kalori yang masuk ke tubuh lebih baik minum air putih saja.

"Kalau bisa cari minuman jangan yang manis. Kan, makannya sudah banyak, jangan lagi menambahkan kalori dari minuman," kata dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi dalam acara bersama Danone Aqua beberapa waktu lalu ditulis Rabu (5/6/2019).

Staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini mengungkapkan kita seringkali tidak sadar sedang minum air manis yang tinggi kalori. Misalnya, dalam sebotol minuman manis tersebut ternyata mengandung 200 kalori. Padahal sebelum minum, sudah makan aneka menu khas Lebaran yang tinggi kalori.

"Sayang kan (kalau memasukkan kalori sebanyak itu dari minuman). Kalori sebanyak itu sama dengan sepiring nasi, mending makan nasi," tutur Diana.

"Jadi, mending minum air putih saja deh," sarannya.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air Putih Nol Kalori

Di kesempatan yang sama hadir juga Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Nurul Ratna Manikam, yang mengatakan bahwa air putih itu nol kalori. Sehingga tidak bakal membuat berat badan naik.

Selain tidak menambahkan kalori ke dalam tubuh, air juga punya banyak peran untuk tubuh. Seperti mengatur suhu tubuh, membawa oksigen dan zat gizi ke pelbagai jaringan tubuh hingga mencegah konstipasi atau susah buang air besar.

"Konstipasi, bukan hanya soal kurang serat. Kalau kurang minum juga bisa membuat seseorang alami kondisi ini," kata Nurul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini