Sukses

Posting Momen Saat Lebaran di Instagram Makin Hemat Kuota

Instagram baru saja memperkenalkan fitur yang bakal menghemat kuota data ketika posting foto saat Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak pengguna Istagram, momen Hari Raya Idul Fitri 1440 H sering digunakan sebagai ajang untuk berbagi foto atau video kebersamaan keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Akan tetapi, tak sedikit pula pengguna media sosial milik Facebook ini yang khawatir kuota data mereka bakal cepat habis.

Mengatasi kekhawatiran tersebut, Instagram memperkenalkan fitur anyar bagi pengguna perangkat Android agar paket data mereka semakin hemat saat membuka ataupun posting di Instagram.

Adapun fitur baru tersebut adalah modus penghemat data. Sesuai dengan namanya, pengguna dapat menjelajah dan berbagai momen saat Lebaran di Instagram dengan kuota internet yang lebih sedikit.

Instagram sendiri merilis fitur ini untuk negara berkembang dengan akses internet terbatas, termasuk Indonesia.

"Melalui fitur ini, Instagram berharap dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna terhubung dengan orang-orang maupun hal yang mereka cintai selama Hari Raya Idul Fitri," tulis Instagram yang dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (5/6/2019).

Dengan mengaktifkan modus ini, Instagram tidak akan secara otomatis menampilkan pratinjau video maupun foto dengan resolusi tinggi.

Pengguna diberi kebebasan untuk mengendalikan pemakaian kuota internet untuk mempercepat proses muat foto di Instagram.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Aktifkan Modus Penghemat Data

Ilustrasi (iStock)

Penasaran ingin tahu bagaimana caranya mengaktifkan fitur ini? Kamu hanya perlu membuka menu 'Setting', pilih 'Account', dan 'Cellular Data Use'.

Setelah itu, pengguna tinggal memilih untuk mengaktifkannya. Ada tiga opsi yang tersedia untuk pengaturan modus ini, yaitu :

1. Never: Instagram tidak pernah menampilkan media beresolusi tinggi.

2. Wi-Fi Only: Instagram hanya akan menampilkan media beresolusi tinggi saat terhubung dengan Wi-Fi.

3. Cellular + Wi-Fi: Instagram akan menampilkan media beresolusi tinggi ketika perangkat terhubung ke data seluler dan Wi-Fi.

Perlu diketahui, modus ini sudah diluncurkan secara bertahap mulai 5 Juni 2019. Instagram menuturkan modus ini akan tersedia untuk seluruh perangkat Android secara global.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini