Sukses

Jangan Lupa, Siapkan 6 Hal Ini Jelang Lebaran 2019

Anda masih harus menyiapkan momentum Lebaran dengan keluarga agar dapat dinikmati secara maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Usai sebulan penuh berpuasa, Umat Muslim akan mengakhirinya dengan merayakan momen Idul Fitri atau Lebaran.

Nah, Anda masih harus menyiapkan momentum Lebaran dengan keluarga agar dapat dinikmati secara maksimal. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa seluruh kewajiban Anda menjelang Lebaran telah semua terpenuhi.

Dikutip dari Tunaikita, ini 6 hal yang mesti Anda siapkan menjelang perayaan Hari Raya Lebaran kali ini:

1. Bayar Zakat

Sebelum mengalokasikan dana jalan-jalan atau traveling, Anda tidak boleh lupa untuk membayar zakat. Zakat sendiri merupakan suatu kewajiban yang mesti dijalankan oleh umat muslim.

Selagi dana THR masih di tangan, hitung berapa persen dari keuangan kamu yang ingin dikeluarkan untuk berzakat. Ingat, Lebaran tinggal sebentar lagi

2. Makanan Lebaran

Tak lengkap rasanya jika merayakan Lebaran tanpa menyiapkan hidangan kue kering untuk tamu yang datang di rumah. Selain kue kering, ada banyak hidangan khusus Lebaran yang mesti Anda siapkan menyambut saudara.

Bagi Anda yang sudah bekerja saat ini, Anda bisa lho inisiatif dengan mengirimkan parcel Lebaran untuk sahabat, saudara, hingga dosen atau pun seseorang yang sudah kalian anggap sebagai keluarga. Jangan sampai Anda terlewat momen silahturami dengan rekan kerja hingga keluarga dalam hidup Anda.

3. Angpao THR

Selain makanan Lebaran, ada lagi lho yang harus Anda siapkan menjelang Lebaran yaitu angpao THR bagi saudara-saudara keluarga. Anda dapat menunjukan bentuk kasih sayang dengan peduli pada perkembangan keponakan-keponakan Anda dalam hidup.

Namun, ada satu hal yang tak perlu Anda khawatirkan, berbagi THR tidak perlu berpikir lebih pada besar-kecilnya jumlah yang Anda alokasikan. Yang terpenting ialah Anda tetap memaksimalkan momen Lebaran dengan keluarga terdekat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Menghias Rumah

Menyambut hari baru, enggak ada salahnya kok jika Anda bersama keluarga memutuskan untuk mendekorasi ulang atau menghiasi rumah dengan ornamen-ornamen baru agar terlihat lebih inspiratif.

Beri kesan yang optimal bagi keluarga Anda pribadi serta tamu undangan yang akan hadir pada saat momentum Lebaran tiba. Keluarga Anda serta saudara berhak menikmati silahturami dengan maksimal dengan siatuasi rumah yang nyaman lagi tentram untuk sekedar mengobrol-ngobrol ringan.

5. Dana Darurat

Satu hal lain yang juga tak boleh dilupakan saat merayakan momen Lebaran 2019, yaitu persiapan akan dana darurat di hari H. Sama seperti halnnya dengan situasi-situasi lain dalam kehidupan, dana darurat penting untuk menyelamatkan Anda pada momen-momen tertentu.

Saat keluarga berkumpul dengan saudara-saudara terdekat, tentu ada saja dana tambahan yang mesti Anda kocek untuk memenuhi hari-hari tersebut. Jangan lupa siapkan porsi dana darurat ini agar selamat dari borosnya dana di periode darurat seperti itu.

6. Baju Baru

Sebetulnya memiliki baju baru pada hari raya Lebaran bukan merupakan suatu keharusan yang harus Anda penuhi di hari ini. Jika Anda memiliki dana lebih untuk mengalokasikan baju baru, tentu hal tersebut tidak menjadi masalah untuk dilakukan.

Namun, untuk tetap menjalankan momentum Lebaran secara maksimal, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan pakaian yang bersih lagi nyaman Anda kenakan di hari ini. Tentu Lebaran juga akan terasa Indah jika Anda bisa menyiapinya dengan pakaian yang baik untuk silahturami dengan para tamu undangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini