Sukses

Quraish Shihab: Mewujudkan Sikap Wasathiyah dalam Ajaran Islam

Wasathiyah adalah suatu sikap yang menuntut pelakunya paling tidak untuk melakukan dua hal, yaitu pengetahuan dan menahan emosi.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Quraish Shihab, penisbahan wasathiyah moderasi kepada ajaran agama Islam.

Allah SWT menyatakan,"Demikianlah kami menjadikan kamu umat yang menampilkan wasathiyah, moderasi dalam ajaran sikap-sikap yang diajarkan-Nya."

Mengapa demikian? Agar kita menjadi saksi-saksi kebenaran manusia. Sekaligus menjadi sosok-sosok yang disaksikan oleh manusia.

Menurut Quraish Shihab ada banyak ayat-ayat Alquran yang berbicara tentang wasathiyah dan moderasi. Salah satunya ayat di bawah ini: 

"Jangan jadikan tanganmu terbelunggu ke lehermu. Jangan juga mengulurkannya sedemikian rupa, yakni jangan kikir dan jangan juga boros."

Wasathiyah adalah suatu sikap yang menuntut pelakunya paling tidak untuk melakukan dua hal, yaitu pengetahuan dan menahan emosi. 

"Menahan emosi bukan saja menetapkan siapa yang benar dan salah. Tapi juga agar tidak melampui batas supaya tidak bertindak ekstrem." ucap Quraish Shihab. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.