Doa Perjalanan Jauh Agar Senantiasa Dilindungi oleh Allah SWT

Oleh Husnul Abdi pada 12 Jun 2019, 07:40 WIB
doa perjalanan jauh

Liputan6.com, Jakarta Doa perjalanan jauh penting bagi orang yang seirng bepergian. Tidak ada yang tahu bagaimana nasib seseorang dalam perjalanan nantinya. Apakah perjalanan akan lancar atau tidak tergantung dengan persiapan dan ketentuan dari Yang Maha Kuasa. 

Bahkan tidak sedikit juga orang yang sudah melakukan persiapan dengan sangat baik, namun di perjalanan mengalami berbagai masalah. Selama perjalanan mudik tentunya kamu juga harus berdoa supaya perjalanan dilancarkan sampai tujuan.

Doa perjalanan jauh wajib dilafazkan agar diberi keselamatan selama di perjalanan oleh Allah SWT. Jangan sampai lalai dalam berdoa dan menunaikan kewajiban kepada Allah SWT saat di perjalanan agar selalu diberik keselamatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/6/2019) tentang doa perjalanan jauh

2 of 5

Doa Saat Akan Keluar Rumah

Sebelum doa perjalanan jauh, yang pertama kali harus kamu lafalkan adalah doa saat akan keluar rumah. Mengucapkan salah satu doa perjalanan jauh ini dilakukan sebelum kamu melakukan perjalanan. Doa saat akan keluar rumah ini adalah sebagai berikut:

 “Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”

Yang artinya “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”.

Dengan membaca doa saat akan keluar rumah ini, kamu telah berserah diri kepada Allah SWT untuk dilancarkan selama perjalanan yang akan kamu lakukan. Salah satu doa perjalanan jauh ini sangat penting diucapkan, seperti yang dijelaskan oleh hadits berikut:

“Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah” (Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dari Allah), maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.”(HR. Tirmidzi; hasan shahih. Hadits senada diriwayatkan juga oleh Abu Daud).

3 of 5

Doa Perjalanan Jauh

Doa Perjalanan Jauh
Doa Perjalanan Jauh (Ilustrasi: (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Setelah membaca doa saat akan keluar rumah, kamu bisa melanjutkannya dengan membaca doa perjalanan jauh. Berikut adalah doa perjalanan jauh:

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

Dengan melafalkan doa perjalan jauh ini, maka Allah SWT akan senantiasa melindungi kamu dan keluarga dalam melakukan perjalanan. Jangan lupa untuk melakukan persiapan yang matang sebelum perjalanan, karena yang bisa kamu lakukan adalah berusaha dan bersiap-siap sebaik mungkin. Apa yang akan terjadi nantinya hanya Allah SWT yang tahu.

4 of 5

Doa Memasuki Suatu Wilayah

Doa Memasuki Suatu Wilayah
Doa Memasuki Suatu Wilayah (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Doa Saat Memasuki Suatu Wilayah

Saat memasuki suatu wilayah pun ada doanya. Bila kamu melalui suatu wilayah yang sepia tau gelap, dan kamu cemas dengan keselamatan kamu dan keluarga, maka kamu bisa membaca doa seperti diriwayatkan dalam hadits ini:

“Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.” (HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi; shahih).

Dengan melafalkan salah satu doa perjalanan jauh ini, kamu telah berserah diri kepada Allah SWT untuk senantiasa melindungi selama perjalanan, terutama saat memasuki suatu wilayah yang membuat cemas.

Doa Saat Singgah di Suatu Tempat

Doa saat singgah di suatu tempat merupakan salah satu doa perjalanan jauh lainnya. Dengan melafalkan doa ini, kamu akan dilindungi oleh Allah SWT saat mampir atau singgah ke suatu tempat, baik itu untuk berhenti sejenak ataupun untuk beristirahat agak lama.

 “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhlukNya” (HR. Muslim).

5 of 5

Doa Bepergian dengan Kendaraan

Doa Bepergian dengan Kendaraan
Doa Bepergian dengan Kendaraan (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Doa perjalanan jauh selanjutnya adalah doa bila bepergian dengan kendaraan. Hal ini terlepas dari kamu bepergian dengan kendaraan sebagai supir walaupun sebagai penumpang. Berikut ini adalah doa saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan:

"Subhaanal ladzii sakhkhara lanaa haadzaa, wamaa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun".

Doa ini diambil dari QS Az-Zukhruf 13-14. yang artinya: Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Dengan mengucapkan doa ini, berarti kamu telah bersyukur bisa bepergian dengan kendaraan tersebut. Sebagai salah satu doa perjalanan jauh, doa bepergian dengan kendaraan ini sangat penting karena setiap orang tentunya melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan sekarang ini.

Jadi, bisa dibilang doa bepergian dengan kendaraan ini merupakan salah satu doa yang paling penting untuk dilafalkan.

Dengan mengucapkan berbagai doa perjalanan jauh ini, berarti kamu sudah mengingat Allah SWT saat melakukan perjalanan. Allah SWT akan senantiasa melindungi umatnya yang selalu mengingatnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by