Sukses

Quraish Shihab: Cinta Tanah Air, Objek Cinta yang Diajarkan Agama Islam

Seperti apa Alquran mensejajarkan agama dan Tanah Air?

Liputan6.com, Jakarta - Quraish Shihab mengungkap salah satu objek cinta yang diajarkan oleh Islam, yakni Cinta Tanah Air.  Meski cinta Tanah Air adalah bagian dari iman, namun penisbahannya tidaklah sahih. 

Meksi demikian menurut Quraish Shihab, itu bukan berarti Islam tidak memerintahkan untuk mencintai Tanah Air. Karena Alquran mensejajarkan agama dan Tanah Air.

Seperti dalam firman Allah yang berbunyi:

"Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik, memberi sebagian hartamu kepada orang-orang yang tidak memerangi kamu dalam agama atau mengusir dari Tanah Air mu."

Quraish Shihab juga menjelaskan bahwa cinta Tanah Air menjadikan si pencinta akan selalu menampakkan keindahan Tanah Airnya. Akan selalu membangun Tanah Airnya. Akan selalu berusaha menghindarkan segala hal yang memberikan kesan buruk terhadap Tanah Airnya.

"Tanah air kita butuhkan. Dia adalah ibu pertiwi karena dia menyanyangi kita. Dia tidak kikir dengan segala apa yang dimiliki. Persis seperti ibu yang berkurban untuk anaknya," ungkap Quraish Shihab.

Karena itu ada yang mengungkap, kalau kita ingin melihat kesetiaan seseorang, lihatlah bagaimana kerinduannya kepada Tanah Air. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.