5 Cara Jaga Kesehatan Saat Arus Balik Mudik Agar Perjalanan Lancar

Oleh Husnul Abdi pada 11 Jun 2019, 19:00 WIB
Mudik

Liputan6.com, Jakarta Cara jaga kesehatan saat arus balik dan mudik sangat penting diketahui bagi para pemudik. Apalagi bila seseorang melakukan mudik dengan perjalanan yang cukup jauh. 

Kelelahan mungkin akan menjadi permasalahan yang paling sering dialami oleh pemudik saat arus balik. Selain itu, tubuh tentunya membutuhkan asupan yang lebih saat melakukan perjalanan yang jauh agar tetap kuat.

Oleh karena itu, diperlukan persiapan dan cara jaga kesehatan saat arus balik mudik agar perjalanan balik lancar. Pengaturan waktu istirahat sebelum dan saat balik mudik sangat penting dilakukan agar tetap bertenaga sepanjang perjalanan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/6/2019) tentang cara jaga kesehatan saat arus balik mudik

2 of 3

Istirahat dan Cek Kesehatan

Ilustrasi Tidur
Ilustrasi tidur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

1. Istirahat yang Cukup

Cara jaga kesehatan saat arus balik mudik yang pertama adalah memenuhi kebutuhan istirahat yang cukup. Seperti yang telah diketahui oleh setiap orang, saat lebaran banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan dengan keluarga. Bersilaturahmi dan berkeliling ke rumah saudara ataupun teman tentunya tidak boleh dilewatkan.

Aktivitas seperti ini bisa dilakukan selama berhai-hari dan tentunya sangat menguras tenaga. Tidak jarang saat berangkat pagi untuk mengunjungi saudara, pulangnya sudah malam dan tidak sanggup melakukan aktivitas lainnya algi karena sudah terlalu lelah. Kondisi ini mengharuskan kamu untuk pintar dalam mengatur waktu istirahat.

Sebagai salah satu cara jaga kesehatan saat arus balik mudik, beristirahat yang cukup sebelum berangkat sangat penting perannya untuk kelancaran perjalanan. Bila kamu berencana balik mudik pada hari rabu, maka pada hari selasa usahakan untuk mengurangi berbagai aktivitas yang berat dan melelahkan.

Maksimalkan sehari sebelum balik mudik untuk beristirahat dengan cukup agar perjalanan balik mudik tidak berat dan tetap lancar sampai mulai kerja nantinya.

2. Cek Kesehatan

Pada saat lebaran tentunya banyak sekali faktor-faktor yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan tentang cara jaga kesehatan saat arus balik mudik agar perjalanan lancar.

Momen lebaran biasanya dimanfaatkan untuk melepas rasa kangen terhadap masakan rumah. Apalagi makanan yang disajikan di rumah tentunya akan bervariasi dan enak-enak. Namun tak jarang pula banyak dari makanan-makanan khas lebaran tersebut yang tidak baik untuk tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan.

Biasanya sesorang lupa diri saat mengonsumsi makanan lebaran karena saking enaknya. Apalagi banyaknya kegiatan saat lebaran juga membuat seseorang tidak memiliki waktu beristirahat. Masalah kelelahan menjadi salah satu hal yang membuat balik mudik menjadi terganggu dan tidak lancar.

Oleh karena itu, sangat diperlukan sebagai salah satu cara jaga kesehatan saat arus balik mudik untuk melakukan cek kesehatan sebelum berangkat. Kamu harus memastikan kondisi tubuh baik dan memang kuat untuk dibawa balik mudik dengan perjalanan jauh.

Bila kondisi tubuh sedang tidak terlalu baik, segera berobat dan banyak-banyak beristirahat. Bila kamu tetap memaksakan diri untuk balik mudik padahal tubuhmu sedang tidak sehat, maka hal ini bisa berdampak buruk. Perjalanan balik mudik bisa terganggu.

Kamu perlu secara teratur mengonsumsi makanan-makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama perjalanan.

3 of 3

Membawa Bekal, Obat, dan Memperhatikan Waktu Balik Mudik

bekal tumisan
Ilustrasi bekal./Copyright pixabay.com/id/users/jyleen21-738506

3. Membawa Bekal Sehat

Cara jaga kesehatan saat arus balik mudik selanjutnya adalah dengan membawa bekal yang sehat. Kamu bisa membawa bekal makanan yang tidak mudah basi dan bisa setidaknya jadi konsumsi selama perjalanan.

Sebaiknya kamu membawa bekal buah-buahan juga untuk memenuhi asupan vitamin. Mengonsumsi makanan yang bergizi bisa menjaga kesehatan selama perjalanan sekaligus menambah energi agar tetap kuat selama perjalanan balik mudik. Selain itu, kamu juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi dan lemas saat di perjalanan.

4. Membawa Obat-Obatan

Selain harus membawa bekal yang sehat, cara jaga kesehatan saat arus balik mudik selanjutnya adalah membawa obat-obatan. Tentunya diperlukan antisipasi selama perjalanan bila tubuh kamu tiba-tiba merasakan sakit.

Jadi obat-obatan pribadi atau obat umum sangat diperlukan selama perjalanan balik mudik. Obat nyeri dan obat demam atau sakit kepala akan sangat berguna karena sering menyerang saat di perjalanan. Selain itu, obat untuk mencegah mabuk dan minyak kayu putih juga akan sangat berguna. Obat-obatan tersebut bisa membuat sakit mereda dan perjalanan bisa kembali lancar.

5. Perhatikan Waktu Balik Mudik

Cara jaga kesehatan saat arus balik mudik selanjutnya adalah memperhatikan waktu balik mudik. Jangan balik mudik saat sudah mepet akan mulai bekerja. Bila kamu harus mulai kerja besok, usahakan kamu sudah sampai dua hari sebelum masuk kerja.

Bila waktu balik mudik mepet dengan jadwal kerja, misalnya hanya sehari maka mungkin kamu akan sangat kelelahan di hari pertama kerja. Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan istirahat setelah melakukan perjalanan yang jauh. Jadi perhatikanlah kesehatan sebelum melakukan perjalanan balik mudik agar lancar sampai tujuan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by