Sukses

Pantau Arus Mudik Lebaran dari Smartphone Pakai 3 Aplikasi Ini

Berikut ini layanan yang dapat digunakan untuk memantau lalu lintas mudik yang sudah dihimpun Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hitungan beberapa hari lagi, sebagian besar umat Muslim di Indonesia akan merayakan Idul Fitri.

Bertepatan dengan hari raya tersebut, rutinitas yang kerap dilakukan masyarakat Tanah Air adalah melakukan perjalanan ke kampung halaman atau sering disebut mudik.

Entah naik kereta, pesawat, bus, atau kendaraan pribadi, banyak pemudik berusaha keras untuk dapat pulang ke kampung halaman tepat waktu.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, selain mengecek kondisi kendaraan, arus lalu lintas pun perlu menjadi perhatian.

Beruntung dengan teknologi saat ini, pemudik dapat memantau arus lalu lintas mudik langsung dari smartphone. Tidak sekadar peta, tapi juga tampilan langsung dari kamera CCTV.

Nah, untuk mengetahui layanan apa saja yang dapat digunakan untuk memantau lalu lintas mudik, berikut ini ada beberapa aplikasi yang sudah dihimpun Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jasa Marga Live

Petugas Dishub memantau aktivitas di Terminal Pulogebang dari ruang monitor CCTV, Jakarta, Kamis (30/5). Sebanyak 64 kamera CCTV dipasang ditiap sudut strategis Terminal guna menjaga keamanan sekaligus meningkatkan kenyamanan pengunjung, terutama saat arus mudik. (Liputan6.com/Iqbal S. Nugroho)

Sesuai namanya, aplikasi ini berisi ifnormasi jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga. Aplikasi ini memiliki beragam fitur, mulai dari siaran langsung CCTV termasuk informasi lalu lintas.

Mengingat aplikasi ini berasal dari Jasa Marga, informasi yang ditampilkan lebih luas mencakup beragam ruas tol di Pulau Jawa. Kamu dapat mengetahui kondisi terkini dari tol Cikampek hingga Surabaya.

3 dari 4 halaman

2. LewatMana

LewatMana (lewatmana.com)

LewatMana merupakan aplikasi yang menawarkan layanan lalu lintas terbaru. Jadi, pengguna dapat mengetahui kondisi lalu lintas terkini.

Aplikasi ini memang baru mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Kendati demikian, aplikasi ini tetap dapat membantumu menempuh perjalanan selama mudik.

4 dari 4 halaman

3. Maxstream

Aplikasi Maxstream Telkomsel tayangkan 50 CCTV secara live streaming, kerja sama dengan Korlantas Polri (Foto: Telkomsel)

Menyambut mudik tahun ini, Maxstream turut menyertakan siaran langsung dari CCTV sejumlah jalur mudik. Dalam penayangannya, Telkomsel bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Ada 50 titik CCTV yang disiarkan sejak 27 Mei hingga 26 Juni 2019. Tayangan live streaming 50 CCTV di jalur mudik ini bisa diakses di saluran Mudik Hepi 2019 di Maxstream.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.