7 Penyakit yang Mengintai Pasca Lebaran, Jaga Konsumsi Makanan

Oleh Husnul Abdi pada 11 Jun 2019, 07:40 WIB
Diperbarui 12 Jun 2019, 17:13 WIB
Penyakit pasca lebaran (Africa Studio/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Penyakit yang mengintai pasca lebaran bisa menyerang terutama karena faktor konsumsi makanan yang tidak menentu. Selain itu pola tidur yang tidak menentu saat lebaran dan banyaknya kegiatan juga bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Apalagi saat lebaran, banyak orang yang tidak dapat mengontrol nafsu makannya karena kalap dengan sajian-sajian enak di atas meja makan. Dengan tidak mengontrol asupan makan selama lebaran, maka kamu bisa mengalami berbagai masalah kesehatan.

Penyakit yang mengintai pasca lebaran ada yang ringan sampai yang berat sekalipun. Penyakit ini dapat menyerang bila tidak mengatur pola makan dan pola istirahat saat lebaran. Oleh karena itu, jagalah kesehatan selama lebaran agar bisa menjalankan aktivitas dengan lancar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/6/2019) penyakit yang mengintai pasca lebaran.

2 of 4

Kolesterol Naik serta Flu dan Batuk

Waspada Kolesterol Tinggi (Ocskay Bence/Shutterstock)
Waspada Kolesterol Tinggi (Ocskay Bence/Shutterstock)

1. Kolesterol Naik

Penyakit yang paling sering menimpa banyak orang pasca lebaran adalah kolesterol naik. Saat lebaran, hidangan-hidangan yang terbuat dari bahan santan dan makanan-makanan yang digoreng dengan minyak akan banyak sekali disajikan. Jenis makanan tersebut memang merupakan makanan-makanan enak dan lezat khas lebaran, seperti rendang, opor ayam, kue lebaran, dan lain sebagainya. Buat kamu yang memiliki riwayat kolesterol yang cukup tinggi, sebisa mungkin untuk menghindari makanan-makanan penyebab kolesterol naik saat lebaran. Karena bila tetap mengonsumsi makanan tersebut, maka tubuh akan mengalami berbagai gangguan yang menyebabkan aktivitas kamu jadi terganggu. Kamu harus membatasi makan makanan bersantan dan makanan yang digoreng dengan minyak agar tidak menimbulkan masalah kolesterol naik ini.

2. Flu dan Batuk

Flu dan batuk tidak bisa kamu abaikan. Penyakit yang mengintai pasca lebaran ini sering mendera, bahkan tidak hanya setelah lebaran. Saat lebaran, kamu menjalani berbagai aktivitas baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Aktivitas tersebut rentan menyebabkan virus menyerang kamu setiap harinya. Udara kotor di siang hari saat bepergian, bersalaman dengan orang lain saat bersilaturrahmi dapat menyebabkan kamu terkena virus flu dan batuk setelah lebaran. Oleh karena itu, kamu wajib menjaga diri agar tetap sehat baik saat lebaran maupun setelah lebaran usai.

3 of 4

Hipertensi dan Mag

Ilustrasi Sakit Mag (iStockphoto)
Ilustrasi Sakit Mag (iStockphoto)

3. Hipertensi

Hipertensi menjadi salah satu penyakit yang mengintai pasca lebaran karena masalah konsumsi makanan lebaran. Biasanya kebanyakan makanan yang disajikan saat lebaran mengandung banyak garam dan dapat memicu tekanan darah tinggi. Seperti yang kita ketahui, tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Bila kamu memiliki tekanan darah yang melebih batas normal, maka kamu telah terkena hipertensi. Jadi selama lebaran, kamu harus menjaga kesehatan dengan mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar garam tinggi agar penyakit yang mengintai pasca lebaran ini tidak menyerangmu.

4. Maag

Maag merupakan salah satu gangguan pencernaan, yaitu pada lambung. Salah satu penyakit yang mengintai pasca lebaran ini disebabkan oleh faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang. Makanan pedas, asam, serta makanan mengandung gas dapat menimbulkan penyakit mag. Jadi selama lebaran kamu harus menghindari makanan-makanan jenis ini. Selain itu juga perlu pengaturan waktu makan selama lebaran ini, karena biasanya banyak kegiatan yang harus dilakukan. Telat makan dapat menyebabkan terjadinya maag. Jadi selain memperhatikan jenis makanan, kamu juga harus memperhatikan waktu makan selama lebaran agar tidak terkena penyakit yang mengintai pasca lebaran satu ini.

4 of 4

Diare, Kelelahan dan Penyakit Kambuhan

Ilustrasi diare (iStockphoto)
Ilustrasi diare (iStockphoto)

5. Diare

Lagi-lagi berhubungan dengan gangguan pencernaan, penyakit yang mengintai pasca lebaran selanjutnya adalah diare. Saat mengalami diare, kamu akan mengalami beberapa gejala seperti mual, muntah, mulas, nyeri perut serta demam. Diare dapat terjadi karena beberapa faktor yaitu makanan yang mengandung kuman, makanan yang dapat mengiritasi lambung seperti makanan pedas dan berminyak, serta reaksi alergi terhadap makanan tertentu. Kamu bisa mengatasi diare dengan minum air putih atau minum cairan oralit serta minum obat diare. Selain itu, agar salah satu penyakit yang mengintai pasca lebaran ini tidak menyerang, maka kamu harus benar-benar memperhatikan konsumsi makanan saat lebaran.  

6. Kelelahan

Kelelahan dapat memicu berbagai penyakit menyerang kamu. Kelelahan biasanya terjadi karena terlalu banyak kegiatan saat lebaran, terutama bersilaturrahmi ke rumah keluarga atau teman serta jalan-jalan bersama keluarga. Dengan padatnya jadwal kegiatan lebaran sedangkan waktu libur yang hanya sebentar, dapat membuat kamu kelelahan karena memaksakan untuk melakukan semua aktivitas. Oleh karena itu, kondisi ini harus segera diatasi agar tubuh kembali fit dan bisa segera melakukan aktivitas harian setelah lebaran dengan baik. Jagalah kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan beristirahat dengan cukup selama lebaran.

7. Penyakit Kambuhan

Penyakit yang mengintai pasca lebaran selanjutnya adalah berbagai penyakit kambuhan. Pola makan dan pola tidur memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan selama atau setelah lebaran. Dengan pengaturan pola makan dan pola tidur yang baik, maka berbagai penyakit yang dulunya pernah menyerangmu tidak akan kembali lagi. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatanmu dengan memperhatikan pola makan dan pola tidur selama lebaran. jangan sampai setelah lebaran kamu harus melakukan berbagai pengobatan untuk penyakit kambuhan hanya gara gara tidak bisa mengatur pola makan dan pola tidur saat lebaran.

Lanjutkan Membaca ↓