Operator Telko Gelar Mudik Gratis untuk Pelanggan hingga Penjual Pulsa

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 02 Jun 2019, 15:00 WIB
Arus Mudik di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia sudah mulai banyak yang bersiap untuk mudik. Ada yang mudik pribadi, namun tak sedikit pula yang mengikuti mudik gratis dari berbagai perusahaan penyelenggara.

Salah satu yang menggelar mudik gratis adalah operator-operator telekomunikasi. Telkomsel misalnya, memberangkatkan sekitar 7.000 pelanggannya mudik secara gratis.

Pelanggan Telkomsel melakukan mudik gratis menggunakan empat moda transportasi yakni pesawat, bus, kapal laut, dan kereta api airport railink di 18 kota tujuan.

Di Jakarta, ada 1.450 orang mudik dengan bus dan pesawat. Sebanyak 1.100 orang di Gelora Bung Karno Jakarta diberangkatkan pada 1 Juni 2019 menggunakan bus ke empat kota, yakni Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Malang.

Sementara 350 pelanggan berangkat menggunakan pesawat pada 31 Mei 2019 lewat Bandara Soetta ke 15 kota tujuan di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sekadar informasi, peserta mudik gratis adalah pelanggan yang telah melakukan penukaran POIN Telkomsel atau yang telah registrasi di aplikasi MyTelkomsel.

Sementara peserta mudik pesawat melakukan penukaran 1.000 POIN untuk mendapatkan tiket pesawat Garuda Indonesia dan 500 POIN untuk memperoleh tiket pesawat Citilink.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, program mudik bareng Telkomsel ini merupakan apresiasi kepada pelanggan Telkomsel yang setia menggunakan layanan Telkomsel.

2 of 3

Tak Hanya di Jakarta

Mudik gratis Telkomsel
Mudik gratis Telkomsel dengan pesawat terbang (Foto: Telkomsel)

"Program ini merupakan dukungan kami kepada pemerintah untuk menyukseskan program mudik tahun ini dengan aman, lancar, dan selamat sampai tujuan," tutur Emma, dikutip dari keterangan resmi Telkomsel yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (1/6/2019).

Mudik gratis Telkomsel tak hanya dilakukan di Jakarta tetapi berbagai wilayah lainnya, misalnya ada 5.000 pelanggan yang mendapatkan tiket Railink Medan-Kualanamu gratis dengan tukar POIN Telkomsel.

Sementara di Lampung, ada 144 pelanggan yang mengikuti mudik dengan bus dari Lampung menuju Yogyakarta dan Bandung.

110 pemudik dari Kalimantan pun diberangkatkan dengan ke berbagai kota dan pulau lainnya. Begitu juga dengan 50 pelanggan di Papua dan Maluku dan 335 pelanggan berangkat dengan kapal laut.

3 of 3

Mudik Gratis untuk Pedagang Pulsa Bersama XL Axiata

Mudik gratis para penjual pulsa bersama XL Axiata
Mudik gratis penjual pulsa bersama operator seluler XL Axiata dilepas oleh CTO XL Axiata Yessie D. Yosetya, Dir Angkutan Jalan Hubdar Kemenhub Ahmad Yani, dan Walikota Jaktim M. Anwar (Foto: Dok. XL Axiata)

 Tidak hanya Telkomsel, XL Axiata juga menggelar mudik gratis. Bedanya, XL memberangkatkan 1.300 mitra penjual pulsa di wilayah Jabodetabek untuk pulang ke kampung halaman.

XL menyiapkan 25 bus besar, 10 unit Innova, dan 10 unit Alphard untuk memulangkan mitra penjual pulsa ke kampung halaman masing-masing.

Kegiatan mudik gratis XL Axiata ini dilepas oleh Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya, Direktur Angkutan Jalan Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani, Walikota Jakarta Timur M.Anwar dan Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusuf di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019).

Yessie mengatakan, program mudik ini merupakan apresiasi terhadap rekan retailer yang sudah menjadi mitra.

"Tahun ini kami menambah jumlah peserta menjadi 1.300 orang. Dengan adanya program mudik ini, kami berharap akan meningkatkan hubungan dan kerjasama yang baik dengan para mitra penjual online juga membantu pemerintah mendukung kelancaran arus mudik," ujar Yessie.

Armada mudik XL Axiata akan mengantar para peserta pulang kampung ke berbagai tujuan kota melalui jalur Utara dan Selatan Jawa ke kota-kota antara lain Cirebon, Tegal, Semarang, Magelang dan Wonogiri.

Ada juga armada yang menuju Surabaya dengan melalui kota-kota tujuan lain seperti Demak, Kudus, Pati, Rembang, Tuban, dan Gresik.

Armada yang melalui jalur Selatan akan membawa pemudik ke Ciamis, Majenang, Karanganyar, Kebumen, Kutoarjo, Purworejo, Wates, Yogyakarta, Klaten, dan berakhir di Kota Solo.

Terakhir, armada ke Sumatera membawa peserta mudik antara lain ke Kalianda, Natar, Bandar Jaya hingga ke Kotabumi, Lampung.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓