Sukses

Quraish Shihab: Makna Hidup Al Hay Milik Allah

Allah yang Maha Hidup, hidupnya tidak berakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Quraish Shihab menjelaskan tentang makna Al Hay. Al Hay adalah Maha Hidup. Menurut Quraish, Imam Ghazali menjelaskan arti Maha Hidup milik Allah.

"Bahwa Dia maha pelaku kebaikan, maha mengetahui, maha menyadari apa yang dilakukan-Nya," ujar Quraish.

Quraish mengatakan, Allah yang Maha Hidup, hidupnya tidak berakhir. Dia memberi hidup kepada semua yang hidup dan Dia juga yang mencabut kehidupan itu dari semua yang hidup.

"Manusia dinamai hidup apabila dia memiliki satu dari tiga hal dan akan sempurna kehidupannya kalau dia memiliki tiga hal pokok," ucap Quraish.

Yang pertama, lanjut dia, gerak, sesuatu yang tidak bergerak tidak hidup. Makna kedua adalah tahu. Semut yang kecil pun akan diketahui oleh tumbuhan.

"Ketiga soal rasa. Manusia yang tidak memiliki perasaan dinamai bukan orang hidup. Manusia yang bodoh dinamai orang mati," kata Quraish.

"Allah SWT ketika menganugerahkan kehidupan kepada manusia, pada hakikatnya yang dimaksud bukan sekedar menjadikannya mampu untuk menarik dan mengembuskan nafas, tetapi kehidupan dalam pandangan agama adalah kehidupan rohani," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.