Sukses

Tips Mudik Aman dengan Kereta Api untuk Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil pun bisa menempuh perjalanan mudik dengan nyaman dengan kiat-kiat berikut.

Liputan6.com, Jakarta Mudik Lebaran merupakan tradisi yang biasa dilakukan pada akhir bulan Ramadan. Bagi Anda yang sedang hamil, sebaiknya lebih berhati-hati bila memutuskan untuk mudik. Persiapkan diri agar kehamilan tidak terganggu selama perjalanan mudik.

Melansir dari Times Indonesia, pilihan kendaraan mudik saat ini sangat beragam. Mulai dari mobil, bus, kereta api, kapal laut hingga pesawat terbang. Namun, kendaraan mudik paling aman untuk ibu hamil adalah kereta api.

Mudik dengan kereta api bisa membuat ibu hamil merasa lebih santai meskipun lama perjalanannya tidak secepat menggunakan pesawat. Bila bosan, ibu hamil bisa berjalan-jalan di dalam gerbong kereta. Selain itu, goncangan yang ditimbulkan saat kereta api berjalan tidak sekencang mobil atau bus.

Meski cenderung aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil bila ingin menggunakan kereta api. Bila Anda memutuskan untuk pergi mudik dengan kereta api, usahakan memilih tempat duduk dekat dengan toilet, khususnya jika Anda sering mengalami mual dan muntah. Selain itu, ibu hamil pun memang biasanya juga akan sering buang air kecil.

Bila perjalanan cukup lama, siapkan bekal makanan sehat untuk menemani di perjalanan Anda. Peregangan ringan seperti memutar-mutar bahu atau badan dan melakukan peregangan kaki dapat dilakukan. Peregangan kaki sendiri pun cukup mudah dilakukan. Angkat kaki Anda dan tekuk ke arah perut, kemudian luruskan ke depan, lalu turunkan lagi. Ulangi pada kedua kaki selama beberapa kali.

Sebelum mudik, pastikan kondisi Anda dan kandungan dalam keadaan sehat. Hindarilah membawa barang terlalu banyak ataupun pergi mudik sendirian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.