Waktu Ideal Menggosok Gigi Selama Puasa

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 28 Mei 2019, 06:15 WIB
Mengerikan, Pria Ini Tidak Pernah Sikat Gigi Hingga 20 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Ada waktu yang tepat selama puasa untuk menggosok gigi. Seseorang bisa menggosok gigi sebelum imsak.

"Pas sebelum imsak boleh kok menggosok gigi. Dalam hal ini, setelah makan sahur dan sebelum imsak, kita bisa menggosok gigi," kata dokter gigi Dina Adrianti dalam talkshow "Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa" di Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, Senin (27/5/2019).

Ketika menggosok gigi mungkin ada sisa makanan yang terselip. Untuk menangani kondisi ini, Dina menyarankan penggunaan benang gigi.

"Biasanya pakai sikat gigi saja kurang cukup membersihkan sisa makanan yang terselip. Jadi, bisa pakai benang gigi. Benang gigi bisa dibeli sendiri," lanjut Dina.

Benang gigi memang berfungsi mengangkat sisa makanan yang menyelip di antara gigi. Alat ini pun aman buat gigi dan tidak menyebabkan luka pada gusi.

2 of 3

Bersihkan lidah

Cara pengobatan kuno (8)
Bersihkan juga lidah. (Sumber Pixabay/1045373)

Selain menggosok gigi, ada baiknya memerhatikan kebersihan lidah. Lidah yang kering, menurut Dina bisa menimbulkan bau mulut.

"Jangan lupa bersihkan lidah. Lidah yang kering tandanya ada lapisan putih. Nah, itu harus dibersihkan karena bisa menyebabkan bau mulut," ujar dokter yang berpraktik di RS Anak Bunda Harapan Kita Jakarta.

Lidah bisa dibersihkan dengan cara digosok menggunakan sikat gigi. Anda juga menggunakan alat pembersih lidah.

3 of 3

Simak video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by