Sukses

Waktu Ideal Menggosok Gigi Selama Puasa

Ada waktu ideal untuk menggosok gigi selama puasa.

Liputan6.com, Jakarta Ada waktu yang tepat selama puasa untuk menggosok gigi. Seseorang bisa menggosok gigi sebelum imsak.

"Pas sebelum imsak boleh kok menggosok gigi. Dalam hal ini, setelah makan sahur dan sebelum imsak, kita bisa menggosok gigi," kata dokter gigi Dina Adrianti dalam talkshow "Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa" di Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, Senin (27/5/2019).

Ketika menggosok gigi mungkin ada sisa makanan yang terselip. Untuk menangani kondisi ini, Dina menyarankan penggunaan benang gigi.

"Biasanya pakai sikat gigi saja kurang cukup membersihkan sisa makanan yang terselip. Jadi, bisa pakai benang gigi. Benang gigi bisa dibeli sendiri," lanjut Dina.

Benang gigi memang berfungsi mengangkat sisa makanan yang menyelip di antara gigi. Alat ini pun aman buat gigi dan tidak menyebabkan luka pada gusi.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan lidah

Selain menggosok gigi, ada baiknya memerhatikan kebersihan lidah. Lidah yang kering, menurut Dina bisa menimbulkan bau mulut.

"Jangan lupa bersihkan lidah. Lidah yang kering tandanya ada lapisan putih. Nah, itu harus dibersihkan karena bisa menyebabkan bau mulut," ujar dokter yang berpraktik di RS Anak Bunda Harapan Kita Jakarta.

Lidah bisa dibersihkan dengan cara digosok menggunakan sikat gigi. Anda juga menggunakan alat pembersih lidah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.