3 Layanan yang Permudah Kamu Bayar Zakat Fitrah di Ramadan

Oleh Yuslianson pada 27 Mei 2019, 01:00 WIB
Diperbarui 27 Mei 2019, 05:15 WIB
Ilustrasi Zakat

Liputan6.com, Jakarta - Pada umumnya, masyarakat sering kali menyalurkan atau membayar kewajiban zakat fitrah mereka langsung ke masjid pada saat bulan Ramadan.

Namun berkat kemajuan teknologi, kini banyak masyarakat mulai merubah kegiatan tersebut dengan membayar zakat secara online atau aplikasi.

Dengan cara ini, orang-orang yang sedang sibuk pun bisa dengan mudah menunaikan kewajiban untuk membayar zakat.

Selain praktis, pengetahuan seputar zakat juga turut dihadirkan oleh aplikasi itu yang notabene tersedia secara gratis di Google Play Store.

Berikut, Tekno Liputan6.com hadirkan tiga layanan yang membantu memudahkan kamu melakukan pembayaran zakat.

 

2 of 4

1. DANA

Bayar zakat fitrah lewat DANA. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dompet digital DANA baru saja mengumumkan kolaborasi dengan Dompet Dhuafa. Dengan kolaborasi ini, pengguna DANA sekarang dapat membayar kewajiban zakat termasuk melakukan donasi lewat Dompet Dhuafa.

Menurut CEO DANA, Vincent Iswara, kolaborasi tersebut merupakan upaya DANA untuk menghadirkan pengalaman baru dalam bertransaksi digital, khususnya saat melakukan donasi maupun membayar zakat.

Disebutkan, donasi berbasis digital ini memiliki keunggulan karena dapat dilakukan secara real time dan lebih efisien.

Tidak hanya melalui aplikasi DANA, donasi nantinya juga dapat dilakukan saat offline.

"Jadi, donasi melalui DANA ini nantinya dapat dilakukan di tempat offline, seperti beberapa titik Dompet Dhuafa termasuk beberapa masjid dengan memanfaatkan QR code," tuturnya menjelaskan.

Di dalam aplikasi, pengguna bakal menemukan beberapa opsi yang dapat dipilih untuk melakukan donasi.

Beberapa opsi tersebut adalah zakat, donasi untuk 10.000 bingkisan Lebaran, air untuk kehidupan, hingga beasiswa untuk negeri.

 

3 of 4

2. Tokopedia

Tokopedia menyediakan layanan bagi pengguna yang ingin menyalurkan zakat fitrah. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dikenal sebagai layanan penggalangan dana, Kita Bisa juga memiliki fitur untuk membayar zakat juga.

Kita Bisa merupakan salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan untuk menebar jutaan kebaikan pada orang yang membutuhkan.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa membayar zakat dengan mudah.

Selain membayar zakat, aplikasi ini juga menyediakan fitur kalkulator zakat yang bisa membantu kamu untuk menghitung jumlah Nisab (kewajiban zakat) yang harus dibayarkan.

Menariknya, aplikasi ini menyalurkan uang zakat yang terkumpul ke 11 Lembaga Amil Zakat (LAZ) terpercaya, sehingga penyaluran uang zakat tersebar secara merata.

 

4 of 4

3. Kita Bisa

Bayar zakat fitrah di Kitabisa.com. (Doc: Kitabisa)

Selain menyediakan layanan untuk berjualan dan membeli berbagai barang secara online, Tokopedia juga menyediakan layanan bayar zakat fitrah .

Dalam program layanan ini, Tokopedia berkerjasama dengan Badan Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dompet Dhuafa dalam penyaluran Zakat Fitrah di bulan Ramadan.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by