Sukses

Quraish Shihab: Islam adalah Agama Cinta

Islam menjadi agama cinta karena memang ditujukkan untuk manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Islam adalah agama cinta. Itulah yang dikatakan oleh Quraish Shihab. Cendekiawan Islam ini pun menjelaskan bagaimana bisa Islam disebut sebagai agama cinta.

"Islam agama cinta, betapa dia tidak menjadi agama cinta, sedang Allah SWT yang mensyariat agama ini adalah Dia yang maha pencipta, Dia Al Waddud," papar Quraish.

Quraish menjelaskan, Islam menjadi agama cinta karena memang ditujukkan untuk manusia. Dan manusia, diciptakan Allah dengan meniupkan benih-benih-benih cinta sebelum menjadi wujud utuhnya.

"Mengapa agama ini tidak menjadi agama cinta padahal dia ditujukkan oleh manusia, sedang manusia tercipta dari tanah. Dan tanah itu sebelum menjadi bahan kejadian manusia, Allah menghembuskan ke tanah itu benih-benih cinta," kata Quraish.

Pendiri Pusat Studi Alquran ini memaparkan, Islam menuntut dari umat-Nya untuk beriman dan ber-Islam.

"Islam agama cinta. Betapa tidak demikian. Islam menuntut dari umat-Nya untuk beriman dan berislam, lalu Allah SWT menciptakan rasa cinta dalam jiwa manusia bukan saja dalam konteks keimanannya sebagaimana firman-Nya: Tetapi menciptakan rasa cinta itu agar cintanya diarahkan ke seluruh wujud ini," tutup Quraish.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.