Sukses

5 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi Ini Lebih Baik Dihindari Saat Lebaran

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus dihindari saat lebaran agar kesehatan tetap terjaga

Liputan6.com, Jakarta Makanan penyebab kolesterol tinggi tentunya harus kamu hindari saat lebaran. Apalagi lebaran identik dengan silaturrahmi ke tempat keluarga yang biasanya penuh dengan acara makan-makan. 

Tidak jarang banyak orang yang makan secara berlebihan karena makanan yang ditawarkan di saat lebaran begitu menggoda. Memang dalam rangka memperingati hari raya lebaran ini, banyak orang yang tidak segan-segan membeli bahan makanan enak untuk dihidangkan di rumah.

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kita untuk mengetahui makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus dihindari saat lebaran agar kesehatan tetap terjaga. Jangan sampai kamu sudah makan banyak dan malah mendapatkan fakta bahwa kamu mengalami kolesterol tinggi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/5/2019) tentang makanan penyebab kolesterol saat lebaran

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Berlemak dan Digoreng

1. Makanan Berlemak

Mungkin kebanyakan orang sudah tahu bahwa makanan berlemak merupakan sumber kolesterol yang tinggi. Makanan dengan lemak yang berlebihan seperti santan akan sangat susah dicerna oleh tubuh.

Bahkan kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi berbagai jenis cokelat selain santan. Cokelat yang mengandung lemak jenuh dapat memicu kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi naik.

Makanan dengan kandungan lemak berlebihan ini akan lebih banyak disimpan dalam bentuk jaringan di bawah kulit pada tubuh. Bila kamu tetap mengonsumsi jenis makanan berlemak seperti santan dan cokelat ini, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami sakit setelah lebaran karena gangguan kardiovaskular.

2. Makanan yang digoreng

Bahkan tidak hanya makanan yang berlemak, makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan kolesterol saat lebaran. Makanan yang digoreng seperti ayam goreng, berbagai jenis kue lebaran, dan tentunya berbagai macam gorengan mengandung banyak lemak yang berbahaya bagi tubuh.

Tubuh akan diserang oleh meningkatnya kolesterol jahat karena kandungan lemak dari makanan yang digoreng tersebut dan menyebabkan pengendapan di dalam pembuluh darah. Makanan yang terlalu berminyak akan meningkatkan terjadinya risiko penyakit kardiovaskular.

Jadi jagalah kesehatan selama lebaran. Jangan asal makan makanan yang tersaji di meja makan, sehingga malah membuat kamu terserang penyakit.

3 dari 3 halaman

Seafood, Makanan Asin, dan Kuning Telur

3. Seafood

Seafood sebenarnya mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Namun mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat membuat tubuh malah menjadi tidak sehat.

Jenis seafood seperti udang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan. Kamu harus membatasi konsumsi seafood selama lebaran agar tubuh tetap sehat. Selain itu, kamu juga harus rajin melakukan olahraga bila tidak ingin terkena kolesterol tinggi akibat makan seafood berlebihan.

4. Makanan yang Terlalu Asin

Pada saat lebaran, tentunya akan banyak tersaji makanan makanan asin, baik makanan berat maupun dari jenis camilan. Apalagi di setiap meja tamu akan tersedia camilan wajib seperti kacang asin yang susah sekali ditahan untuk mengonsumsinya.

Padahal makanan makanan asin tersebut dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Makanan asin dapat membuat tekanan darah jadi tinggi dan memicu kolesterol. Bahkan makanan asin juga bisa menyebabkan gangguan jantung yang cukup berbahaya kalau kamu tetap tidak mengontrol konsumsi makanan asin.

Oleh karena itu, lebih baik kamu mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, sehingga tubuh bebas dari berbagai gangguan penyakit.

5. Kuning Telur

Telur ternyata juga mengandung cukup banyak kolesterol, terutama pada kuning telur. Konsumsi terlalu banyak kuning telur akan menyebabkan terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular.

Jadi kamu harus mengontrol konsumsi kuning telur saat lebaran agar tubuh tetap sehat. Kamu juga harus hati hati dalam mengonsumsi kue lebaran. Karena banyak kue lebaran yang memiliki bahan utama kuning telur untuk pembuatannya.

Jadi kamu harus mengontrol diri dalam mengonsumsi makanan di hari lebaran agar kesehatan tetap terjaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini