Sukses

Kisah Almarhum Ustaz Arifin Ilham yang Nyaris Tewas Digigit Ular dan Bersuara Serak

Ustaz kelahiran Banjarmasin 8 Juni 1969 ini memiliki ciri khas saat berceramah dan berdzikir. Selain dikenal sebagai ahli zikir,

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Arfin Ilham telah berpulang karena penyakit kanker kelenjar getah bening pada Rabu 22 Mei 2019. Pendiri pesantren dan Majelis Zikir Az Zikra ini wafat di Rumah Sakit Penang Malaysia dengan usia 49 tahun.

Ustaz kelahiran Banjarmasin 8 Juni 1969 ini memiliki ciri khas saat berceramah dan berdzikir. Selain dikenal sebagai ahli zikir, Ustaz Arifin juga memiliki suara serak yang khas. Yang bisa membuat siapapun bergetar dan menitikkan air mata saat mendengar lantunan dzikir dari Ustaz Arifin.

Tanpa melihat sosoknya sekalipun, jika suara seraknya terdengar maka kita sudah mengenal bahwa itulah Sang Ustaz. Ternyata suara serak yang menjadi ciri khas itu akibat pengalaman yang luar biasa saat muda.

Kala itu, Ustaz digigit ular dan hampir saja merenggut nyawanya saat itu. Dikutip dari laman biografiku.com, saat digigit, Arifin muda tidak menyadarinya.

Tak lama tubuhnya melemah, panas meradang dan membiru saat mengendarai mobil bersama ibu angkatnya sewaktu di Jakarta.

Melihat keadaan Arifin muda yang demikian, ibu angkatnya, Ny Cut, mengambil alih kemudi, menuju rumah sakit terdekat. Namun, beberapa rumah sakit menolak dengan alasan peralatan medis yang tidak memadai.

Sejumlah dokter di beberapa rumah sakit bahkan memvonis umur Arifin Ilham tinggal satu persen. Tak kunjung mendapatkan pertolongan, selama 11 jam, keadaannya makin gawat dan detak jantungnya pun melemah.

Melihat kondisi anak angkatnya yang makin parah, Ny Cut mencoba mendatangi RS Saint Carolus (Jakarta Pusat). Alhmadulilah pihak rumah sakit menerimanya. Arifin Ilham langsung ditempatkan di ruang ICU.

Selang Infus pun dipasang di tubuhnya. Untuk membantu tugas paru-paru, jantung, dan hatinya yang telah sangat lemah, dokter memasukkan beberapa batang selang ke mulutnya.

Dengan pertolongan Allah, setelah satu bulan lima hari, rumah sakit menyatakan, Arifin Ilham telah melewati masa kritis dan memasuki masa penyembuhan. Walaupun kondisinya telah jauh lebih baik, Arifin Ilham mengalami perubahan pada suaranya.

Menurut analisa dokter, hal ini disebabkan oleh pemasangan beberapa selang sekaligus dalam mulutnya untuk waktu yang cukup lama.

Tapi tidak ada yang mengetahui rencana Allah, justru dengan suaranya itu, Ustaz Arifin Ilham menjadi lebih mudah dikenal para jamaah hanya dengan mendengar suaranya. (Amrikh Palupi/Biografiku/Dream)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini