Sukses

5 Makanan yang Mencegah Kulit Kering Selama Puasa, Patut Dicoba

Ada beberapa makanan yang mencegah kulit kering selama puasa.

Liputan6.com, Jakarta Saat menjalankan puasa di bulan Ramadan ini, pola makan mu menjadi berubah. Perubahan pola makan ini saat berpuasa tentu saja bisa membuat kulit kering.

Kalau di hari-hari biasanya kamu bisa makan tiga kali sehari dan minum sebanyak-banyaknya, namun berbeda saat sedang puasa. Kamu hanya bisa makan saat buka puasa dan sahur, begitu juga dengan minum.

Hal ini membuat tubuh cenderung mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Kalau sudah begini, tentu akan membuat kondisi kulit kering atau bahkan mengelupas. Inilah yang menyebabkan pentingnya untuk memilih makanan yang tepat selama buka puasa dan sahur.

Tentunya, hal ini berguna untuk menjaga kelembaban kulit kamu selama puasa. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber 5 makanan yang mencegah kulit kering selama puasa, Kamis (23/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Brokoli

Untuk mendapatkan kulit agar tak kering selama menjalankan ibadah puasa, saat santap sahur ataupun berbuka kamu bisa coba mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli.

Ya, brokoli memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu membantu kelembapan kulit dari dalam. Selain itu, lutein di dalam brokoli juga dapat membantu mencegah keruskan kulit seperti kulit kering kering dan timbulnya kerutan.

3 dari 6 halaman

Tomat

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi tomat saat santap sahur juga saat buka puasa. Tomat memiliki banyak kandungan antioksidan seperti karotenoid, vitamin C, dan juga likopen yang mampu mempertahankan kesegaran dan kesehatan kulit. Apalagi untuk kulit kering dan mencegah penuaan dini.

4 dari 6 halaman

Alpukat

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan untuk membuat kulit tak kering selama menjalankan puasa. Ya, salah satu buah yang bisa kamu konsumsi adalah alpukat.

Buah yang kaya akan folat dan kalium ini kaya akan lemak sehat yang bermanfaat untuk menjaga kulit agar tetap fleksibel dan lembap. Memang, pada alpukat tak memiliki banyak kandungan cairan, namun alpukat ini kaya akan vitamin C yang mampu menjaga kelembapan kulit secara alami.

5 dari 6 halaman

Ikan

Selain buah dan sayuran, kamu bisa mendapatkan kulit agar tetap lembap atau tidak kering selama puasa dengan mengonsumsi ikan. Ya, pada ikan terdapat asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk mempertahankan kolagen dan kelembapan kulit.

Jadi, kalau kamu kekurangan asam lemak omega-3 ini, akan menyebabkan kulit menjadi kering. Apalagi jika harus ditambah dengan kondisi kurang minum dan dehidrasi.

6 dari 6 halaman

Green Tea

Setelah selesai menikmati makan berbuka puasa, kamu bisa mengonsumsi teh hijau. Dimana ini akan memberikan manfaat perlindungan kulit dari kerusakan dan kekeringan. Komponen katekin dari teh hijau membantu menjaga kesehatan kulit kamu. Tak hanya mencegah kulit kering, namun juga bisa mempertahankan elastisitasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini