Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 24 Mei 2019 dan Cara Khatam Alquran

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 24 Mei 2019, 16:00 WIB
[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah, dan Buka Puasa Hari ke-7, 23 Mei 2018

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini JumatĀ 24 Mei 2019 digunakan sebagai patokan waktu berbuka puasa bagi seluruh umat muslim. Karena tiap daerah memiliki waktu terbenam matahari yang berbeda, makan jadwal buka puasa pun berbeda.

Dengan mengetahui jadwal buka puasa yang tepat, Anda dapat menyegerakan berbuka sesuai yang telah disunahkan Rasulullah.

Puasa Ramadan adalah sebuah kewajiban bagi umat Muslim yang telah memenuhi syarat. Sepanjang bulan Ramadan, umat Muslim berlomba mencari keberkahan. Tak hanya puasa, berkah Ramadan dapat diraih dari ibadah sunah salah satunya adalah membaca Alquran.

Membaca Alquran di bulan Ramadan akan menambah pahala yang berlimpah. Membaca Alquran juga merupakan sunah Rasul yang dikerjaan saat Ramadan. Maka dari itu khatam Alquran menjadi keistimewaan tersendiri di bulan Ramadan. Jika disertai niat tulus karena Allah semata, cara khatam Alquran di bulan Ramadan menjadi perkara mudah.

Berikut jadwal buka puasa hari ini JumatĀ 24 Mei 2019 dan cara khatam Alquran di bulan Ramadan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/5/2019).

2 of 5

Jadwal buka puasa hari ini Jumat 24 Mei 2019 atau 19 Ramadan 1440

Berikut jadwal buka puasa hari ini Jumat 24 Mei 2019, 19 Ramadan 1440H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 17.47 WIB

Bandung: 17.47 WIB

Surabaya: 17.22 WIB

Jogja: 17.30 WIB

Banda Aceh: 18.51 WIB

Medan: 18.34 WIB

Padang: 18.21 WIB

Palembang: 18.00 WIB

Solo: 17.29 WIB

Malang: 17.21 WIB

Pontianak: 17.46 WIB

Banjarmasin: 18.20 WIB

Denpasar: 18.10 WIB

Makassar: 17.58 WIB

Palu: 18.03 WIB

Ambon: 18.25 WIB

Jayapura: 17.37 WIB

3 of 5

Cara Khatam Alquran di Bulan Ramadan

Alquran
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Membangun niat

Niatkan khatam Alquran hanya untuk mencapai ridha Allah semata. Niatkan amalan ini dengan tulus dan ikhlas sepenuh hati agar kemuliaan Ramadan selalu meliputimu. Yakinlah bahwa kamu bisa khatam Alquran selama Ramadan. Percayalah kepada Allah dengan diimbangi berjuang melalui tindakan nyata.

Rencanakan rutinitas dan waktu membaca

Sebelum memulai bacaan, sangat penting untuk merencanakan rutinitas dan waktu agar kamu bisa khatam Alquran meski sibuk dengan aktivitas harian. Kamu mungkin bisa membacanya saat jam istirahat atau waktu senggang lainnya.

Buatlah rencana yang realistis bagaimana menyelesaikan bacaan Alquran dalam waktu sebulan dengan membagi setiap Juz per hari. Susun rencana secara bijaksana dan tinjau terus-menerus. Setelah itu wujudkan ke dalam tindakan.

4 of 5

Cara Khatam Alquran di Bulan Ramadan

Baca 1 Juz Setiap Harinya

Untuk khatam Alquran selama Ramadan, pastikan untuk membaca ayat Alquran sebanyak satu juz setiap harinya. Jika memiliki banyak waktu luang, sebaiknya membaca ayat Alquran lebih dari satu juz setiap harinya. Baca ayat Alquran selepas berbuka puasa sambil menunggu tarawih atau selepas sahur sambil menunggu pagi.

Pakai Alquran saku atau aplikasi Alquran di ponsel

Untuk khatam Alquran selama Ramadan, tidak ada salahnya untuk membeli Alquran saku. Alquran ini bisa dibawa dan dibaca di mana saja. Saat ada waktu luang, kamu bisa membaca Alquran dan menuntaskan cita-cita untuk khatam Alquran selama Ramadan.

Mengingat di era ini semuanya serba modern dan semua orang memiliki gadget, kamu juga bisa menginstal aplikasi Alquran di ponselmu. Gunakan waktu luangmu untuk membaca ayat Aquran. Dengan rutin membaca Aquran lewat ponsel yang dapat dilakukan setiap saat, kamu bisa khatam Alquran lebih cepat atau lebih awal dari perkiraan.

5 of 5

Cara Khatam Alquran di Bulan Ramadan

Pahami Alquran dan tetap konsisten

Memiliki pengetahuan dasar tentang tema, topik, pesan dan makna dari apa yang kamu baca, membuat acara membaca Alquran menjadi pengalaman yang sangat menggembirakan. Kamu bahkan tidak ingin kehilangan momen tersebut. Selain itu, kunci keberhasilan adalah konsistensi.

Setelah kamu memetakan rencana, maka konsistenlah dengan rencana itu. Ingatkan diri tentang kebesaran bulan Ramadhan, yang memberikan kesempatan bagi spiritual untuk meningkat, termasuk hubungan dengan Alquran.

Tadarus bersama

Cari teman-teman atau saudara yang punya keinginan yang sama untuk khatam Alquran di Bulan Ramadhan. Mereka akan menjadi teman rohanimu.

Melibatkan teman akan mempercepat langkah untuk khatam Alquran. Minta mereka untuk mengingatkan janji dan tujuan khatam Alquran. Jika perlu, buat sebuah kompetisi membaca Alquran kecil-kecilan. Ini akan memotivasi dan menginspirasimu untuk semakin semangat menyelesaikan bacaan Alquran.

Lanjutkan Membaca ↓