Sukses

Sebelum Ramadan Berakhir, Ini Tanda Kedatangan Lailatul Qadar

Bagaimana menentukan kedatangan Lailatul Qadar?

Liputan6.com, Jakarta Lailatul Qadar merupakan waktu yang ditunggu setiap umat muslim. Waktu ini dianggap sebagai waktu paling mulia. Lailatul qadar turun pada bulan Ramadan dan waktunya dirahasiakan oleh Allah SWT. Pada waktu ini, segala keutamaan menyebar ke seluruh penjuru alam.

Tak ada yang tahu persis kapan Lailatul Qadar turun. Sejumlah hadis hanya menyebut bahwa malam yang lebih baik dari seribu bulan ini jatuh di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Tujuannya agar manusia terus berusaha untuk melakukan berbagai ibadah untuk mendapatkan kemuliaan dari waktu ini.

Seperti yang disebutkan, tidak ada yang tahu persis kapan Lailatul Qadar turun. Namun, ada beberapa hadist yanng memuat informasi mengenai Lailatul Qadar. Berikut hadist-hadist yang memuat informasi tersebut:

1. Waktu Lailatul Qadar

“Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa.” (HR. Bukhari)

2. Tanda-Tanda Lailatul Qadar

"Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru." (HR. Imam Muslim, 762).

"Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan yang begitu menghangatkan dan menenangkan." (HR. Al Baihaqi).

Dalam sebuah riwayat juga dijelaskan mengenai kegiatan yang dilakukan oleh Rasullah SAW. Dikatakan bahwa Beliau sabar dan bersungguh-sungguh dalam beribadah pada waktu Lailatul Qadar dibandingkan waktu lain.

"Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadan, melebihi kesungguhan Beliau di waktu lainnya. (HR. Muslim).

Sebagian besar ulama pun menjelaskan jika malam Lailatul Qadar umumnya datang di malam ganjil 10 hari terakhir Ramadan. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa malam penuh kemuliaan ini akan datang di malam-malam genap.

Di sepuluh malam terakhir Ramadan kali ini, marilah memperbaiki diri. Perbanyak amal ibadah, persabar diri, ikhlaskan hati dan teruslah berdoa meminta pengampunan atas segala dosa yang dilakukan untuk mendapatkan kemuliaan Lailatul Qadar.

 

Saksikan video berikut di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.