Sukses

Quraish Shihab: Alquran Bacaan yang Sempurna, untuk Itu Bacalah

Menurut Quraish Shihab, kesempurnaan lain yang dimiliki Alquran, karena ia mudah diingat.

Liputan6.com, Jakarta - Alquran adalah firman-firman Allah yang diturunkan pada Nabi Muhammad SAW. Lafaz dan maknanya disusun langsung oleh Allah SWT.

Apa artinya Alquran? Menurut cendikiawan muslim Qurasih Shihab, Alquran diambil dari kata qara'a yang artinya membaca. Alquran adalah bacaan.

Huruf Alif pada kata Quran, lanjut Quraish Shihab mengandung arti kesempurnaan. Dengan demikian Alquran adalah bacaan yang sempurna. Tidak hanya sempurna akan kandungannya, namun juga redaksi serta petunjuknya.

Kesempurnaan lain yang dimiliki Alquran, lanjut Quraish Shihab karena ia mudah diingat. Tidak hanya untuk orangtua, anak-anak pun sangat mudah menghafalnya. 

Lewat renungannya hari ini, pendiri Pusat Studi Alquran ini juga menyebut, Alquran disebut Az zikr. Yaitu ayat-ayat yang berisi peringatan dan alat yang bisa membedakan mana baik dan buruk serta benar salah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.