Sukses

Manfaat Konsumsi Cincau Saat Berbuka, Tak Cuma Menyegarkan

Ada beberapa manfaat konsumsi cincau saat buka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat konsumsi cincau saat buka puasa ternyata bermacam-macam. Salah satu takjil yang tak asing di Indonesia adalah cincau.

Cincau merupakan gel serupa agar-agar yang dihasilkan dari perendaman daun tertentu. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Cincau biasanya berwarna hijau tua hingga hitam. Cincau biasanya disajikan dingin dan dicampur dengan beberapa topping seperti gula merah atau santan. Takjil cincau menjadi favorit banyak orang untuk berbuka puasa.

Tak hanya menyegarkan, cincau ternyata memberi beragam manfaat bagi kesehatan. Ya, manfaat konsumsi cincau saat buka puasa ternyata baik bagi tubuh yang dehidrasi.

Nah jika kamu adalah penggemar cincau, berikut manfaat konsumsi cincau saat buka puasa seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (22/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Konsumsi Cincau Saat Buka Puasa

1. Lancarkan pencernaan

Para peneliti telah mengungkapkan bahwa cincau membantu menjaga sistem pencernaan dan memungkinkannya berfungsi pada tingkat optimal. Hal ini karena kandungan senyawa gula dalam tanaman cincau memiliki kemampuan untuk mengatasi bakteri yang menyebabkan sakit perut.

Daun cincau mengandung senyawa alkaloid yang mengandung cukup banyak vitamin B dan C. Kombinasi vitamin ini sangat efektif dalam pencegahan diare. Selain itu, kandungan bre dalam cincau membantu membersihkan organ pencernaan internal, sehingga mengurangi masalah perut seperti diare, sembelit dan mulas. Selain itu, daun cincau juga dapat meningkatkan penyerapan sari makanan yang ada di tubuh.

2. Bantu penurunan berat badan

Cincau kaya dengan nutrisi bermanfaat, termasuk vitamin A, B1 dan C, juga fosfor, kalsium dan karbohidrat. Cincau juga tinggi kandungan air dan rendah kalori. Ini membuat cincau sempurna untuk diet penurunan berat badan.

Konsumsi cincau telah terbukti secara ilmiah untuk membantu dalam penurunan berat badan dengan menjaga perasaan kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Karena itu, memasukkan cincau ke dalam makanan Anda akan membantu mencegah rasa lapar.

3 dari 5 halaman

Manfaat Konsumsi Cincau Saat Buka Puasa

3. Cegah Diabetes

Cincau mengandung senyawa klorofil dan bisbenzilsokuinolin yang baik, keduanya membantu mengendalikan tingginya kadar gula darah yang dialami penderita diabetes. Dua senyawa inimemastikan bahwa gula sederhana yang ditemukan dalam cincau tidak menyebabkan segala bentuk lonjakan insulin.

Cincau juga tidak memiliki kalori karena dibuat alami dari daun cincau dan tidak memiliki rasa alias hambar. Dengan begitu kadar gula dalam cincau bisa dikatakan sangat minim.

4. Mendinginkan tubuh

Cincau memiliki sifat mendinginkan saat dikonsumsi. Maka dari itu cincau cocok dijadikan takjil berbuka. Selain itu cincau juga aman dikonsumsi dalam keadaan perut kosong karena mampu menetralkan asam lambung.

Cincau juga sangat cocok untuk menyembuhkan demam. Cincau menjadi obat yang bagus untuk demam karena nutrisi seperti tentradine, cardioplegicum, alkaloid, avonoid dan saponin, serta vitamin A dan B. Kombinasi ini mampu menenangkan danmemberi efek pendinginan, senyawa anti-toksin ini lebih dari mampu mengobati gejala terkait dengan demam.

4 dari 5 halaman

Manfaat Konsumsi Cincau Saat Buka Puasa

5. Sehatkan usus

Cincau memiliki kandungan air dan bre yang relatif tinggi dua elemen paling dasar diperlukan untuk pencernaan yang sehat. Seperti diketahui, kekurangan cairan dalam tubuh bisa berdampak negatif seperti dehidrasi dan menyebabkan susah BAB.

Seiring dengan kadar airnya yang tinggi, cincau membantu salurkan makanan melalui saluran pencernaan dengan lancar agar pencernaan lebih cepat dan sehat.

6. Mencegah kanker

Daun cincau mengandung antioksidan, seperti S-S tetandrin dan senyawa isokandrodendrin, yang ampuh dalam menghilangkan sel-sel tumor pada organ tubuh penting seperti hati, lambung dan ginjal. Jika dibiarkan dan berkembang biak, sel tumor dapat berkembang menjadi sel kanker.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak daun cincau juga menjadi cara ampuh alami untuk memerangi kanker paru-paru, payudara, dan leher rahim. Mengonsumsi daun cincau dalam bentuk bubuk atau minuman tiga kali sehari merupakan penangkal yang efektif untuk pencegahan tumor dan kanker.

5 dari 5 halaman

Manfaat Konsumsi Cincau Saat Buka Puasa

7. Kesehatan kulit

Cincau juga memiliki antioksidan yang tinggi. Antioksidan telah dipercaya mampu menagkal radikal bebas pemicu rusaknya kulit. Konsumsi rutin cincau mampu meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit. Cincau juga mampu menghidrasi kulit yang kering akibat dehidrasi saat puasa.

Cincau juga dapat dijadikan sebagai penyembuh peradangan pada kulit. Sifatnya yang mendinginkan mampu meringankan inflamasi pada kulit dan menenangkannya.

8. Meningkatkan fungsi penglihatan

Tidak semua orang tahu bahwa mengkonsumsi cincau hitam secara teratur dapat membantu mereka mempromosikan penglihatan terutama bagi yang kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh kondisi degenerasi makula.

Cincau hitam mengandung senyawa-senyawa tertentu yang dapat membantu melawan degenerasi makula dan membuat seseorang tetap bugar di usia lanjut. Jadi cincau juga amat cocok untuk bagi para lansia yang berpuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini