Jadwal Imsak Hari Ini Kamis 23 Mei 2019 dan Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Sahur

Oleh Nisa Mutia Sari pada 23 Mei 2019, 02:40 WIB
Jadwal Imsak Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini Kamis 23 Mei 2019 berbeda dari satu kota dengan kota yang lainnya di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh perbedaan zona waktu yang ada di Indonesia. 

Jadwal imsak hari ini Kamis 23 Mei 2019 digunakan sebagai patokan batas makan sahur bagi umat Muslim yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Umumnya, waktu imsak ditentukan dari 10 menit sebelum waktu Subuh tiba.

Santap sahur saat sedang berpuasa ini dianjurkan dilakukan untuk membantu memberikan energi pada tubuh agar siap menjalankan puasa. Santap sahur dianjurkan oleh Rasulullah selama melaksanakan ibadah puasa.

Nah, agar kamu dapat memperkirakan seberapa lama kamu santap sahur hari ini, sudah sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jadwal imsak hari ini Kamis 23 Mei 2019. Berikut jadwal imsak hari ini, Kamis 23 Mei 2019 dilansir Liputan6.com dari laman Kementerian Agama Republik Indonesia, Kamis (23/5/2019).

2 of 4

Niat Puasa Ramadan

Jadwal Imsak Hari Ini
Niat Puasa Ramadan / Sumber: Pixabay

Niat menjalankan ibadah puasa bisa dilakukan saat malam hari sebelum melakukan makan sahur atau setelah makan sahur. Namun bagi sebagain orang, ada juga yang melakukan niat ibadah puasa Ramadan ini setelah shalat tarawih. Berikut ini niat puasa yang sering digunakan oleh sebagian orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى‎

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.”Niat puasa Ramadan ini sudah dijelaskan dibeberapa hadits yang juga merupakan perintah dari Nabi Muhammad SAW. Niat puasa ini dijelaskan dalam sebuah hadits berikut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ‎

Artinya: Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum Shubuh, maka tidak ada puasa untuknya. (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).

3 of 4

Jadwal Imsak Hari Ini Kamis 23 Mei 2019

Jadwal Imsak Hari Ini
Jadwal Imsak Hari Ini / Sumber: iStockphoto

Berikut jadwal imsak hari ini Kamis 23 Mei 2019, 18 Ramadan 1440 H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.26 WIB

Bandung: 04.24 WIB

Surabaya: 04.04 WIB

Yogyakarta: 04.14 WIB

Solo: 04.12 WIB

Aceh: 04.53 WIB

Padang: 04.44 WIB

Jambi: 04.32 WIB

Medan: 04.43 WIB

Palembang: 04.29 WIB

Pontianak: 04.06 WIB

Samarinda: 04.36 WITA

Denpasar: 04.56 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Ambon: 04.57 WIT

Bima: 04.41  WITA

Kupang: 04.24 WITA

Jayapura: 04.05 WIT

4 of 4

Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Sahur

Jadwal Imsak Hari Ini
Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Sahur / Sumber: iStockphoto

Makan Terlalu Kenyang

Bagi sebagian orang, banyak makan ketika sahur dipercaya bisa menahan rasa lapar selama menjalankan ibadah puasa. Padahal konsep tersebut tidaklah benar. Menjadikan perut terisi penuh saat sahur bukanlah cara yang baik untuk membuat kamu menjadi berenergi ketika menjalani puasa.

Makan banyak hingga merasa kekenyangan saat sahur justru akan membuat pencernaanmu terganggu dan akan mengakibatkan perut menjadi kembung. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengonsumsi santap sahur dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan.

Kamu hanya perlu makan secukupnya sebelum perut benar-benar kenyang. Selain itu, perlu juga untuk mengimbanginya dengan minum yang cukup untuk mempermudah pencernaanmu.

Makan Terburu-buru

Untuk yang kesiangan saat santap sahur, pasti akan membuat kamu makan santap sahur menjadi terburu-buru. Padahal, makan yang terburu-buru akan membuat kamu berisiko menelan udara. Hal ini akan menyebabkan makanan tidak dicerna dengan optimal oleh mulut.

Hal ini menjadikan perut kembung dan badan mudah lemas. Oleh karena itu, agar tak terjadi makan yang terburu, kamu bisa atur waktu makan sahur setidaknya 30 menit sebelum imsak.

Terlalu Banyak Minum Air

Saat berpuasa kamu harus mencukupi asupan jumlah cairan agar selalu terpenuhi. Karena banyak orang yang beroikir demikian, maka akhirnya tak banyak orang justru minum air sebanyak mungkin saat sahur. Kamu berpikir, dengan minum banyak air saat sahur akan mengurangi rasa haus selama puasa.

Padahal, minum air yang sangat banyak saat sahur bukanlah pilihan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu. Hal ini malah membuat asam lambung kamu naik dan bisa mengakibatkan retensi urin.

Nah, agar jumlah cairan di dalam tubuh kamu tercukupi selama puasa, kamu perlu membagi pola minumnya ke dalam beberapa porsi saat buka puasa, sebelum tidur, dan saat sahur. Dengan begini, kebutuhan akan cairan tubuh kamu akan tetap terpenuhi dengan baik.

Lanjutkan Membaca ↓