Sukses

6 Dampak Negatif Konsumsi Santan Berlebih Saat Puasa

Saat puasa tanpa disadari Anda dapat mengonsumsi santan berlebih

Liputan6.com, Jakarta Santan adalah salah satu bahan yang kerap digunakan untuk berbagai menu buka puasa. Mulai dari kolak, es campur, hingga makanan berat santan begitu dinikmati banyak orang saat puasa. Hal ini tanpa disadari membuat Anda mengonsumsi santan berlebih saat puasa

Dengan rasa yang kaya dan konsistensi krim, santan dianggap sebagai pengganti yang sehat untuk banyak produk susu. Santan memiliki nilai gizi yang kaya dan rasa tropis yang khas. Itu sarat dengan mineral dan vitamin termasuk beberapa anti oksidan dan senyawa besi.

Karena kelapa biasanya ditanam tanpa pupuk sintetis, santan jelas menjadi minuman kesehatan organik. Santan juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari banyak masakan tropis.

Namun seiring dengan manfaatnya, santan juga hadir dengan beberapa efek samping terlebih jika dikonsumsi berlebih saat bulan puasa. Agar lebih waspada, berikut dampak negatif konsumsi santan berlebih, yang berhasil Liputan6.com lansir dari Stylecrazer, Selasa(21/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Lemak Jenuh Berlimpah dan kenaikan berat badan

Ini adalah salah satu efek samping santan yang paling mengkhawatirkan. Lemak ini dapat menyebabkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Satu cangkir santan menghasilkan sekitar 40 gram lemak saat dikonsumsi. Dengan demikian, santan dapat meningkatkan tingkat lipoprotein yang merugikan kesehatan dalam jangka panjang.

Dengan lemak jenuh yang tinggi dan kandungan kalori, santan tentu dapat merusak rejimen penurunan berat badan Anda. Penggunaannya yang berlebihan dalam makanan sehari-hari Anda bahkan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

3 dari 7 halaman

Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Mengonsumsi banyak lemak, terutama lemak jenuh, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Lemak jenuh dapat menyebabkan peningkatan LDL (low density lipoprotein) alias kolesterol jahat dalam tubuh.

LDL adalah kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Penumpukan kolesterol di pembuluh darah tersebut dapat menyebabkan beberapa penyakit, yang diketahui dapat berakibat fatal bagi tubuh seperti serangan jantung dan strok.

Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan di arteri Anda, yang menyebabkan masalah kardiovaskular. Penyakit arteri koroner disebabkan oleh penyumbatan atau penyempitan arteri koroner yang memompa darah ke jantung.

Mereka yang berisiko kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular harus menahan diri dari terlalu banyak mengonsumsi santan. Bahkan, santan tanpa pemanis memiliki kandungan lemak tinggi membuat Anda berisiko lebih besar mengalami masalah jantung termasuk stroke. Tetapi Anda tidak perlu meninggalkannya. Batasi asupan santan hanya untuk porsi kecil.

4 dari 7 halaman

Dapat Menyebabkan Sembelit

Santan juga mengandung karbohidrat yang dapat difermentasi. Ini dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare atau sembelit, pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.

Karena serat makanan yang tinggi, santan dapat menyebabkan masalah pencernaan pada beberapa orang. Biasanya santan tanpa pemanis mengandung 14-18% dari asupan serat harian manusia. Peningkatan mendadak ini dapat menyebabkan diare atau gas, jika tubuh Anda tidak terbiasa dengan serat sebanyak itu. Jadi, hindari menambah asupannya secara instan.

5 dari 7 halaman

Tinggi Kalori dan gula

Dalam satu cangkir santan murni, Anda dapat menemukan 550 kalori. Ini hampir sepertiga dari kalori yang Anda butuhkan per hari. Jadi, memasukkan santan ke dalam makanan atau minuman berbuka mungkin berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Santan mengandung kalori dan lemak tingkat tinggi. Mengkonsumsi terlalu banyak susu dan mengonsumsi makanan kaya karbohidrat dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Bahkan santan tanpa pemanis mengandung 8g gula per 250 ml cangkir. Ini dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan dan meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

6 dari 7 halaman

Dapat Menyebabkan Malabsorpsi Fruktosa

Karena mono-sakarida dan poliolnya, santan meningkatkan risiko gangguan iritasi usus. Santan memiliki kandungan gula, yang mungkin menyebabkan gangguan ini. Akibat fakta ini, pertumbuhan bakteri didorong di usus kecil karena transportasi fruktosa yang tidak merata.

Ini adalah beberapa efek samping dari santan. Tetapi dalam kebanyakan kasus, mereka muncul hanya dengan konsumsi yang berlebih. Jadi batasi asupan Anda sampai batas yang dapat diterima dan nikmati manfaat dari minuman yang luar biasa ini.

7 dari 7 halaman

Dapat Menyebabkan Alergi

Jika Anda alergi terhadap kacang-kacangan, minuman ini tentu tidak dimaksudkan untuk Anda. Kelapa diklasifikasikan sebagai kacang pohon. Dan dalam beberapa kasus, telah ditemukan bahwa orang yang alergi terhadap kacang pohon bereaksi buruk terhadap kandungan buah dalam santan.

Ini adalah salah satu efek santan yang paling berbahaya karena dapat mengancam jiwa dalam kasus-kasus ekstrem. Biasanya, orang dengan alergi kacang pohon dapat mengkonsumsi produk kelapa tanpa masalah. Namun, beberapa protein dalam kelapa mirip dengan yang ada di kacang pohon, dan reaksi alergi dapat terjadi.

Alergi kelapa sangat jarang. Siapa pun yang alergi terhadap kelapa tidak boleh mengkonsumsi santan. Gejala alergi kelapa mirip dengan alergi makanan lainnya. Seseorang mungkin mengalami:

- sakit perut

- mual

- muntah

- diare

- gatal atau iritasi pada mulut, tenggorokan, mata, atau kulit

- anaphylaxis - reaksi parah yang mengancam jiwa yang menyebabkan pembengkakan, mengi, dan gatal-gatal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.