Sukses

Doa Tolak Bala untuk Menangkal Berbagai Musibah dan 5 Amalannya

Baca doa ini agar terhindar dari berbagai macam musibah.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada orang yang menginginkan musibah datang menimpa dirinya. Sayangnya musibah bisa datang kapan dan dimana saja tanpa terduga.

Hal tersebut tentu atas kehendak Allah SWT. Meski kita tak bisa menolak apapun yang telah ditetapkan oleh Allah, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk berdoa dan memohon keselamatan dari segala musibah.

Salah satu caranya ialah dengan melantunkan doa tolak bala agar terhindar dari segala macam bencana, musibah, malapetaka dan berbagai hal buruk lainnya.

Dilansir dari merdeka.com, ada lima amalan tolak bala yang bisa diterapkan menurut Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As-Sidawi yang dirangkum dari channel Youtube Yufid.TV - Pengajian & Ceramah Islam.

1. Rajin Sholat

Amalan tolak bala yang pertama untuk mencegah berbagai macam musibah atau bencana adalah rajin sholat. Amalan ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al Baqarah ayat 45.

2. Istigfar

Amalan tolak bala berikutnya adalah istigfar yang berarti minta ampun kepada Allah SWT. Kalau kita senantiasa istigfar maka Allah SWT berjanji akan mengangkat bencana dari bumi dan Allah tidak akan menyiksa suatu kaum kalau mereka senantiasa mohon ampun.

3. Berdoa

Amalan tolak bala di dalam Al-Qur’an dan Hadits selanjutnya adalah berdoa. Kita berdoa kepada Allah SWT karena kita semua harus mengakui bahwa kita semua ini butuh sama Allah. Kita ini fakir miskin, kita butuh pertolongan Allah SWT . Maka Allah memerintahkan kepada kita untuk berdoa kepada-Nya, Maka Allah akan mengabulkan doa-doa kita.

4. Sedekah

Di antara amalan tolak bala di dalam Al-Qur’an dan Hadits adalah sedekah. Sebab sedekah itu bisa mengangkat bencana. Nabi SAW pernah mengatakan bahwa “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah”. Maka yang bisa menyelamatkan kita dari sakit, dari bencana, dari musibah salah satunya adalah sedekah.

5. Akhlak yang Mulia

Amalan tolak bala yang terakhir adalah dengan akhlak yang mulia, sebagai mana yang dicontohkan Rasululah yaitu berbuat baik terhadap sesama makhluk hidup, memuliakan tamu, membeli yang benar.

Berikut doa tolak bala yang bisa kalian lantunkan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Tolak Bala

Artinya:

"Ya Allah, dengan kebenaran fatihah dan dengan rahasia yang terkandung dalam fatihah, ya Allah Tuhan Yang melapangkan kedudukan dan Yang menghilangkan kesedihan, Ya Allah Tuhan Yang Maha kasih sayang kepada hambanya, Ya Allah, Tuhan Yang menghindarkan bala, Ya Allah Tuhan Pengasih Yang menolakkan bala, Ya Allah Tuhan Yang Maha Penyayang Yang menjauhkan bala, tolakanlah dari kami malapetaka, bala, bencana, kekejian dan kemungkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan yang tersembunyi, dalam negara kami khususnya dan dalam negara kaum muslimin pada umumnya, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.