Sukses

Ada Jejak Imam Bonjol di Masjid Bersejarah Kota Manado

Salah satunya masjid bersejarah di Kota Manado adalah masjid Imam Bonjol Lota. Dari namanya kita bisa menebak bahwa masjid ini memiliki kaitan erat dengan sosok pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan masyarakat Kota Manado yang plural diwarnai dengan hadirnya rumah-rumah ibadah yang letaknya berdekatan, bahkan bersebelahan seperti masjid dan gereja. Keberadaan sejumlah masjid tak hanya dilihat sebagai sebuah rumah ibadah, melainkan juga mempunyai nilai sejarah.

Salah satunya Masjid Imam Bonjol Lota. Dari namanya kita bisa menebak bahwa masjid ini memiliki kaitan erat dengan sosok pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol. Masjid ini terletak di pinggiran Kota Manado, masuk wilayah Kabupaten Minahasa, tepatnya di Desa Lota, Kecamatan Pineleng.

Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke lokasi ini dengan kendaraan bermotor. Masjid ini berada di sisi kiri jalan dan berhadapan dengan makam Tuanku Imam Bonjol. Bercat putih dengan kombinasi warna hijau, masjid ini berada di tengah-tengah kompleks permukiman warga yang umumnya beragama Nasrani.

"Pak Imam belum datang. Biasanya agak siang Beliau ada. Tapi yang di dalam masjid itu Jamaah Tabllig asal Pakistan," ujar Ahmad, warga yang tinggal di sekitar masjid.

Ahmad mengatakan bahwa ia tidak tahu secara tepat waktu masjid itu dibangun. Namun, berdasarkan cerita yang berkembang, keberadaan rumah ibadah umat Islam itu bersamaan dengan kehadiran Tuanku Imam Bonjol di Lota.

Perlawanan Imam Bonjol terhadap kolonial Belanda membuatnya diasingkan ke berbagai pelosok Nusantara. Ulama besar dari Minangkabau itu mengembuskan nafas terakhirnya pada 6 November 1864, di sebuah desa kecil bernama Lota, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.

"Tuanku Imam Bonjol rela diasingkan, daripada harus berkhianat pada bangsanya. Hingga akhirnya dia wafat di Lota ini," tutur Nurdin Popa, salah seorang keturunan dari pengawal Imam Bonjol yang bernama Apolos Minggu.

Kini di kompleks sekitar makam Tuanku Imam Bonjol, terdapat sedikitnya 20 kepala keluarga. Merekalah yang setiap hari mengurus keberadaan makam Imam Bonjol, juga masjid Imam Bonjol.

"Kami semua punya garis keturunan yang sama dari Apolos Minggu. Keluarga-keluarga ini yang membentuk komunitas Islam di Lotta, dan kemudian menyebar ke Pineleng sebagai pusat kecamatan," tutur Nurdin Popa.

Penulis: Yoseph Ikanubun

 

Saksikan video berikut di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.