Sukses

Cerita Atlet Pentathlon Terpaksa Batal Puasa Kala Latihan

Atlet pentathlon Muhammad Taufik berbagi pengalaman saat harus batalkan puasa kala menjalani pemusatan latihan jelang Asian Games tahun lalu. Bagaimana ceritanya?

Liputan6.com, Jakarta Seorang atlet tentu memiliki tantangan besar saat harus menjalankan ibadah puasa tapi tidak mengendurkan porsi latihan. Ini dialami atlet pentathlon Indonesia, Muhamad Taufik yang ikut di Asian Games 2018 lalu.

Taufik menceritakan pernah terpaksa batal puasa gara-gara satu hal. Dia kurang mendapatkan asupan padahal sedang menjalani latihan yang berat. Saat itulah dia harus batalkan puasa.

"Pengalaman puasa, mungkin satu atau dua kali drop. Itu terjadi karena kita tidak bisa memaksakan salah asupan. Latihan pagi misalnya berat tapi kita tidak mendapatkan protein yang bisa membantu lama bertahan," ujarnya.

Muhamad Taufik salah satu atlet Indonesia yang berjuang di cabor pentathlon Asian Games 2018 lalu. Namun Taufik gagal mempersembahkan medali karena persaingan yang ketat.

Di luar mengikuti pelatnas, Taufik juga rajin ikut kejuaraan-kejuaraan triathlon yang banyak digelar di beberapa daerah.

Sedangkan Pentathlon merupakan olahraga yang terdiri dari 5 cabang yaitu menembak,berkuda,lari,berenang dan anggar. Tidak seperti triathlon, pentathlon dihitung sistem poin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Porsi Meningkat

 

Taufik menceritakan pengalaman menjalani puasa sembari ikuti pelatnas tahun lalu. Menurut dia, puasa tahun lalu sangat berat karena porsi latihan justru naik.

"Porsi Ramadan justru dinaikkan karena Asian Games kan digelar Agustus. Tensi latihan ditambah tapi waktunya saja diubah," kata Taufik yang juga gemar ikut Triathlon ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.