Sukses

3 Manfaat Rajin Makan Kurma di Sahur dan Buka Puasa Selama Ramadan

Konsumsi kurma di waktu sahur dan berbuka selama Ramadan baik buat kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Saat berpuasa, disarankan untuk berbuka dengan tiga butir kurma dan segelas air. Hal itu merujuk pada kebiasaan Rasulullah, Nabi Muhammad SAW.

Kebiasaan Rasulullah itu ternyata memang bisa dibuktikan secara ilmiah manfaatnya. Rutin mengonsumsi kurma berdampak baik pada tubuh.

Berikut tiga bukti manfaat mengonsumsi kurma secara rutin.

1. Tulang lebih sehat

Buah manis ini rupanya bisa membuat tulang lebih sehat. Hal ini menurut penelitian yang dilakukan Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D., dari North Dakota State University.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencernaan Lebih Baik

2. Sistem pencernaan lebih baik

Kurma sangat kaya akan serat. Serat tersebut dibutuhkan oleh sistem pencernaan agar bisa bekerja optimal.

Asupan serat saat puasa biasanya sangat kurang. Konsumsi kurma saat berbuka bisa mengatasinya dan mencegah sembelit.

Penelitian yang dipublikasi dalam British Journal of Nutrition, mengungkap mereka yang rutin mengonsumsi kurma memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat dibandingkan yang tidak pernah makan kurma.

3 dari 3 halaman

Redakan Stres

3. Redakan stres dan depresi

Kurma mengandung vitamin B6, yang membantu tubuh memproduksi serotonin dan norepinefrin, yang bisa meningkatkan kesehatan otak. Serotonin berperan dalam menentukan suasana hati atau mood.

Sementara norepinefrin membuat otak lebih kuat menghadapi stres. Penelitian juga mengungkap kalau mereka yang kekurangan vitamin B6, lebih mudah mengalami depresi.

 

Reporter: Dream.co.id

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini