Buka Puasa dengan Kolak Ubi, Anda Dapat 5 Keuntungan Ini

Oleh Liputan6.com pada 20 Mei 2019, 17:45 WIB
Diperbarui 22 Mei 2019, 09:13 WIB
Resep Makanan dari Ubi

 

Liputan6.com, Jakarta Masing-masing negara memiliki hidangan berbuka puasanya sendiri. Di Indonesia, kolak jadi salah satu hidangan khas berbuka. Rasa manis dan gurih dari perpaduan gula merah dan santan dalam kolak membuatnya jadi salah satu hidangan favorit. 

Tak hanya itu, berbagai buah dan umbi yang dimasukkan ke dalam kolak pun ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Ubi misalnya, meski rasanya manis alami, ternyata bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Meski begitu, diabetesi harus mewaspadai beberapa hal sebelum menyantap kolak, ya. 

Ingin tahu apa saja manfaat ubi bagi kesehatan? Melansir dari Boldsky, berikut manfaat dari ubi.

1. Mengontrol gula darah

Ubi dapat mengontrol tingkat gula darah seseorang. Ubi memiliki indeks glikemik rendah sehingga konsumsi ubi baik bagi penderita diabetes.

 

2 dari 3 halaman

Baik untuk Jantung

2. Mencegah Serangan Jantung

Kandungan vitamin B6 didalam ubi menjadikannya baik untuk dikonsumsi. Konsumsi ubi pun dapat menurunkan homosistein sehingga mencegah serangan jantung.

3. Sumber Vitamin C

Ubi kaya akan kandungan vitamin C yang menyehatkan. Vitamin C ini memiliki peran penting dalam sistem pencernaan serta pembentukan tulang dan gigi. Kandungan zat besi di dalamnya juga dapat meningkatkan sel darah merah dan putih. Selain itu, ubi juga dapat meningkatkan sistem imun.

3 dari 3 halaman

Cegah Penuaan

4. Anti-Aging

Masalah kesehatan karena usia seperti melemahnya penglihatan, rendahnya sistem imun dan lainnya dapat dicegah dengan mengkonsumsi ubi.

Ubi memiliki kandungan vitamin C tinggi dan caretenoid seperti beta carotene yang dapat meningkatkan sistem imun dan memperkuat penglihatan. Selain itu, beta carotene dapat melawan radikal bebas sehingga pembentukan kerutan terhambat.

5. Meredakan Stres

Ubi memiliki kandungan magnesium yang berperan sebagai mineral anti-stress. Magnesium ini juga baik untuk jantung, tulang dan saraf. 

 

Penulis: Khairuni Cesario

Lanjutkan Membaca ↓